Berita / Akademik /
Angkat Destinasi Wisata Gunung Padang, Mahasiswa ITP Raih Juara 3 di Ajang Video Promosi Kota Padang Tahun 2024
Humas | 20 Juni 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Kobaran asa juara sivitas akademika Institut Teknologi Padang (ITP) kian membara. Kali ini dua mahasiswa Program Studi Teknik Informatika ITP berhasil meraih Juara 3, pada ajang kompetisi Video Promosi Pariwisata Kota Padang yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Padang, Juni lalu.

Tim yang beranggotakan Muhammad Rasyid Al Ridho Lubis dan Muhammad Aqil Zaki sukses menyabet Juara 3, dengan membuat video yang mengangkat lokasi wisata “Gunung Padang”. Video tersebut memvisualisasikan objek-objek wisata yang ditawarkan Gunung Padang, mulai dari Meriam peninggalan Jepang, Makam Siti Nurbaya, serta Flora dan Fauna yang hidup disana.

Dalam lomba yang mengusung tema “Ayo ke Padang” ini, tim “Gunung Padang” berhasil menyisihkan sejumlah peserta, yang berasal dari berbagai kalangan yang merupakan digital creative video enthusiast.


Pengumuman juara disampaikan secara luring pada Sabtu (15/06) dalam acara Festival Video Klip dan Video Promosi Pariwisata Kota Padang 2024 bersama Pj Wali Kota Padang, Andree Harmadi Algamar, SSTP, M.Si., M.Han bertempat di Diamond Ballroom, The Axana Hotel Padang.

Pada masa persiapan, Rasyid mengungkapkan tim fokus untuk membuat konten yang harus sesuai dengan tema dan mengulik sound yang Free Copyright agar tidak melanggar Hak Cipta. Oleh karena itu, tim menggunakan sound yang memadukan musik tradisional minang dengan sentuhan music modern.

Menurut Rasyid, terdapat beberapa keunggulan dalam video promosi Garapan tim “Gunung Padang” yang membuat karyanya berbeda dengan tim lainnya. Ia berpendapat bahwa pada tahap pra produksi ia bersama aqil mengulik berbagai hal yang berhubungan erat dengan wisata Gunung Padang dan menggali berbagai referensi pengambilan video dari berbagai sumber.

“Dalam proses produksi video kami membutuhkan waktu dua hari untuk proses pengambilan video di lokasi Gunung Padang dan dua hari untuk proses editing serta finishing. Saya dan Aqil saling menyatukan visi dan membagi peran dalam pembuatan video ini, Aqil bertugas sebagai talent dan saya sendiri bertugas sebagai videografer ,” jelas Rasyid.

Lebih lanjut, Aqil menjelaskan ini kali pertama mereka terlibat dalam ajang kompetisi digital creative video dan sangat bangga bisa menjadi salah satu pemuncak. Ia menuturkan capaian prestasi ini memacu semangat ia dan Rasyid untuk mengikuti berbagai kompetisi serupa.

“Saat presentasi, alhamdulillah banyak respon positif terhadap video promosi “Gunung Padang” yang kami produksi ,” tutur Aqil.

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika ITP Angkatan 2022 ini mengaku, ia dan Rasyid merasa puas dengan hasil karya Video Promosi mereka, meskipun dalam proses produksinya menemui berbagai rintangan. Salah satunya adalah keterampilan manajemen waktu, timnya harus selalu memutar otak untuk membagi waktu dengan kesibukan lain.

Aqil mengungkapkan, video-video yang telah diproduksi oleh para peserta akan digunakan oleh Dinas Pariwisata Kota Padang untuk kepentingan promosi pariwisata Kota Padang Tahun 2025. Video ini juga berguna untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Padang, sehingga dapat menunjang perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata.

Ke depan, Aqil berharap dapat terus berkembang dan maju lebih pesat untuk mengharumkan nama ITP. Menurutnya konsisten, manajemen waktu yang baik, dan menggali potensi diri di bidang apapun yang diminati, akan membuat seseorang mampu berhasil dalam bidang yang ditekuni.

Created By Widia/Humas