Berita / Akademik /
39 Tim PKM Lulus Seleksi Internal, ITP Siap Berlaga di Ajang PKM 2024 Tingkat Nasional
Humas | 01 Maret 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Sebanyak 39 proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dinyatakan lulus  seleksi internal Institut Teknologi Padang setelah melewati proses review yang ketat. ITP mengambil langkah untuk melakukan seleksi internal sebagai upaya untuk menjaring proposal terbaik yang layak berlaga di seleksi nasional, dimana indikator kelulusan tahap internal dilihat dari segi substansi dan administrasi berdasarkan panduan penulisan PKM Tahun 2024.

Sehubungan dengan itu, tahun ini seleksi internal proposal PKM ITP dilakukan oleh tim reviewer yang telah memiliki pengalaman dan pakar dalam penulisan karya ilmiah baik ditingkat Nasional maupun Internasional.  Tim reviewer ITP terdiri dari Eko Kurniawanto Putra, M.T., Prof. Dr. Maidiawati, M.Eng. IPM., dan Yusreni Warmi, Dr. Eng yang merupakan dosen dari beberapa rumpun ilmu di ITP.

ITP meloloskan 39 tim PKM yang mencakup bidang PKM yang dirilis oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek, yaitu 25 Tim PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), 6 Tim PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 5 Tim PKM Karya Inovatif (PKM-KI), 2 Tim PKM Riset Eksakta (PKM-RE), dan 1 Tim PKM Kewirausahaan (PKM-K).

Sebelum proposal dikirimkan ke tahap Nasional dilaksanakan workshop pada tanggal 26 hingga 27 Februari 2023. Tujuan workshop ini adalah untuk melakukan pendampingan kepada mahasiswa untuk memastikan sistematika penulisan sesuai dengan pedoman format penulisan PKM, sebab format penulisan berpengaruh besar pada tahap seleksi administrasi.

Biro BIKMA, Alumni, dan Pusat Karir ITP sebelumnya telah mendaftarkan usulan proposal dan membuat akun ketua tim pengusul serta akun dosen pembimbing. Selanjutnya, sebelum proposal diunggah ke laman Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Simbelmawa) Kemendikbud Diktiristek, mahasiswa diwajibkan melakukan pengentrian kelengkapan usulan proposal.

PKM merupakan wadah yang dibentuk oleh Ditjen Diktiristek dalam menfasilitasi potensi yang dimiliki oleh mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan mewujudkan ide kreatif serta inovasi mahasiswa. PKM adalah salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendukung ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Harapanya pada pelaksanaan PKM tahun 2024 banyak proposal yang lulus seleksi Kemendikbud Diktiristek dan mendapatkan hibah pendanaan. Sehingga nantinya akan mampu memacu mahasiswa aktif berpartisipasi menularkan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat.

Lebih lanjut, semoga keiikutsertaan ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan reputasi ITP di kancah Nasional. Melalui program ini semakin mengukuhkan komitmen ITP menghadirkan solusi kreatif bagi pembangunan dan kemajuan bangsa melalui penelitian-penelitian yang inovatif dan berkualitas.

Selamat dan semangat berjuang. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

Created By Widia/ Humas