Berita / Akademik /
Perkuat Kerja Sama Internasional, ITP Terima Kunjungan UiTM Malaysia Bahas Potensi Kolaborasi Akademik dan Riset Penelitian
Humas | 04 Maret 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Dalam upaya memperkuat kerja sama internasional Institut Teknologi Padang (ITP) terus berupaya memperluas jaringan mitra, dengan perguruan tinggi mancanegara untuk mendukung misinya sebagai World Class University. Kali ini, ITP menerima kunjungan resmi dari delegasi Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia di ruang sidang utama Kampus I ITP, Senin (04/03) dengan agenda penjajakan kerja sama.


Mengawali diskusi penjajakan kerja sama Kepala Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP, Anna Syahrani, M. Eng memaparkan profil ITP kepada delegasi UiTM Malaysia. Ia menjelaskan bahwa ITP merupakan perguruan tinggi yang terfokus pada mencetak talenta Teknokrat Unggul Indonesia.


“ITP telah membangun berbagai jejaring mitra kerja sama dalam rangka mendukung proses pendidikan dan pembelajaran yang bermutu dan berkualitas. ITP telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra industri, institusi pendidikan, dan lembaga pemerintahan, termasuk mitra mancanegara ,” ujar ia.


Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D  didampingi oleh Wakil Rektor II ITP, Yusreni Warmi, Dr. Eng dan Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Dr. Maidiawati, S.T., M. Eng menyambut kehadiran Proffesor Madya Sr Dr. Saiful Aman bin Hj Sulaiman, Head of Studies of Surveying Science and Geomatics, School of Geomatics Science and Natural Resources, College of Built Environment, UiTM Malaysia beserta rombongan.


Melalui sambutannya, WR I ITP menyambut baik kunjungan dari delegasi UiTM Malaysia dan menyatakan ITP terbuka untuk menerima kerja sama dari berbagai instansi baik dari nasional hingga internasional. Menurutnya, perluasan kerja sama ITP dengan UiTM Malaysia merupakan langkah maju dalam memperkuat kapasitas akademis dan penelitian ITP.


“Ini menjadi titik awal kerja sama ITP dan UiTM Malaysia dalam bidang pendidikan, riset penelitian, dan pengabdian masyarakat, sebelumnya ITP telah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di dunia, salah satunya dengan Perguruan Tinggi Malaysia. Dengan bersinergi bersama UiTM, kami yakin dapat menciptakan lingkungan akademis yang global dan berkualitas ,” ungkapnya.


Pada kesempatan ini, WR I ITP juga menuturkan jejaring kerja sama ITP dengan UiTM merupakan aspek yang krusial, pasalnya ITP saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai program. Harapannya, penjajakan kerja sama ini dapat segera ditindaklanjuti agar manfaatnya dapat dirasakan oleh kedua belah pihak dan mendukung pembangunan global.


Profesor Madya Sr Dr. Saiful Aman bin Hj Sulaiman yang didampingi oleh Ts, Dr.-Ing. Hendy Fitrian Suhandri, Sr. Dr. Muhammad Abdul Hakim Bin Muhammad, Sr. Mohamad Hezri Bin Razali, dan Dr. Lau Cong Luh dalam pengantarnya menyampaikan terima kasih kepada ITP yang telah menerima kunjungannya bersama rombongan.

Prof. Saiful menyampaikan, ITP sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dalam bidang Teknik merupakan mitra potensial yang memiliki berbagai peluang kerja sama yang bisa dijajaki UiTM. Menurutnya, potensi kerja sama dapat dilakukan diantaranya International Conference, International Community Service, Student Exchange, dan kerja sama studi lanjut untuk program Magister dan Doctoral.

“Kerja sama ini membuka peluang bagi mahasiswa dan tenaga pengajar untuk dapat meningkatkan pemahaman lintas budaya dan  memperkaya pengalaman akademis internasional.  Selain itu, peluang joint reseach dalam bidang teknik yang relevan dapat dilakukan untuk meningkatkan kontribusi ilmiah dan inovasi ,” ucap Prof. Saiful.


Program lainnya yang dapat ditindaklanjuti dalam waktu dekat adalah kegiatan visiting lecturer dan guest lecturer untuk menfasilitasi pertukaran ide dan pengetahuan, serta membuka peluang baru bagi mahasiswa dan staf akademis untuk berkembang secara internasional. Harapannya, melalui kerja sama ini semakin memperkuat integrasi antarbangsa  dalam dunia pendidikan tinggi.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, M.T., Ketua Prodi Teknik Informatika ITP, Eva Yulianti, M.Cs., Ketua Prodi Teknik Elektro ITP, Andi Muhammad Nur Putra, M.T., dan Ketua Prodi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik ITP, Asnal Effendi, S.T., M.T. Seluruh Ketua Prodi merancang dan memetakan potensi kerja sama yang dapat diselenggarakan dengan Prodi relevan di UiTM  Malaysia.

Created By Widia Humas