Berita / Akademik /
Raih Berkah Ramadhan, ITP Gelar Pengajian dan Silaturahmi Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H
Humas | 04 Maret 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/ 2024 M, Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar pengajian dan silaturahmi bersama di Aula Gedung D Kampus I ITP Senin (04/03). Acara ini menjadi mempererat silaturahmi antar sivitas akademika ITP serta sebagai bentuk rasa syukur karena dapat kembali bertemu dengan bulan Ramadhan di tahun ini.


Hadir dalam acara silaturahmi ini Ketua YPTP, Ampri Satyawan, S.E. beserta jajaran pengurus YPTP, Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. M.T., IPM beserta jajaran pimpinan ITP,  Ketua Senat ITP, Andi Syofian, M.T. beserta anggota, serta pejabat struktural, dosen, dan karyawan di lingkungan ITP.


Dalam tausiahnya, Ustadz  Dr. Syofian Hadi, MA, M.Hum menyampaikan bahwa dalam menyambut bulan suci Ramadhan sebagaimana yang dianjurkan oleh agama harus dikuti dengan hati yang gembira. Bulan suci Ramadhan menjadi bulan dimana seluruh hamba Allah berlomba dalam kebaikan, dan memanfaatkan bulan yang penuh berkah untuk mendapatkan ampunan dan pahala dari Allah SWT.


“Maka sudah sepatutnya kita melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Ibarat sosok tamu yang agung, kedatangan bulan Ramadhan mesti disambut dengan perasaan gmbira dan suka cita oleh umat muslim ,” ujar Ustadz Syofian.

Ustadz Syofian menuturkan bahwa acara silaturahmi ini dapat menguatkan rasa persaudaraan, memperpanjang usia, dan memperbanyak rezeki. Tak luput dalam menjalankan ibadah puasa harus saling memaafkan satu sama lain dan menjalankan ibadah Ramadhan harus dilakukan dengan penuh ketulusan mencari Ridho Allah SWT.

Lebih lanjut, Ustadz Syofian menyampaikan Ramadhan disebut sebagai bulan yang mulia karena terdapat banyak kemuliaan di dalamnya, salah satunya yaitu seluruh amal ibadah yang dilakukan akan diberi pahala yang berlipat ganda.


Menurutnya ada perkara amal mulia yang wajib ditingkatkan oleh umat muslim, yakni meningkat ibadah shalat, meningkatkan interaksi dengan Al-Quran, perbanyak infak dan sedekah, meningkatkan hubungan baik dengan sesama manusia. Ia juga menjelaskan terkait aturan penggantian utang puasa dan tata cara membayar fidyah Ramadhan.

Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin Ustadz Syofian serta saling bersalaman dan bermaaf-maafan antar sivitas akademika ITP. Semoga dengan silaturahmi ini kita saling menjaga keharmonisan dalam bekerja dan meraih keberkahan Ramadhan.

 

Created By Widia/Humas