Berita / Akademik /
Kuliah Tamu Prodi Teknik Informatika ITP, Hadirkan Network Activation Engineer PT. Indonesia Comnet Plus
Humas | 19 Juni 2023
Foto : Humas ITP - Widia Afrianti

Institut Teknologi Padang (ITP) melalui Program Studi (Prodi) Teknik Informatika melaksanakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Jaringan Komputer-2 . Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung D kampus 1 ITP pada Kamis (15/06) sebagai implementasi program peningkatan suasana akademik bagi mahasiswa yang dipaparkan langsung oleh pakar-pakar dibidang terkait.


Kegiatan Kuliah Tamu ini menghadirkan Imam Raddha Tanjung, S.T. MTCNA seorang Network Activation Engineer sekaligus Project Team Leader Divisi Pembangunan dan Aktivasi Regional Sumatera Bagian Tengah PT. Indonesia Comnet Plus dan Tim dari PT. Indonesia Comnet Plus. Kuliah Tamu ini dihadiri oleh dosen serta mahasiswa Prodi Teknik Infomatika yang mengambil mata kuliah Jaringan Komputer-2 sebanyak 78 orang.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Teknik Informatika, Eva Yulianti, M.Cs menyampaikan Kuliah Tamu ini merupakan program kerja dari Prodi Teknik Informatika ITP yang diselenggarakan satu kali setiap semesternya. Tujuan dilaksanakannya Kuliah Tamu ini adalah untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai penerapan teori yang selama ini dipelajari diperkuliahan pada dunia industri terutama pada PT. Indonesia Comnet Plus.

“Kepada mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menyerap informasi yang akan dipaparkan pemateri. Selain itu harapannya mahasiswa dapat ikut berperan aktif dalam Kuliah Tamu ini dengan mengajukan pertanyaan dan melakukan diskusi interaktif dengan pemateri, sehingga memperoleh wawasan baru bagi mahasiswa ,” ucap Ka.Prodi.

Lebih lanjut Ka.Prodi juga berharap dengan hadirnya pemateri yang merupakan alumni Prodi Teknik Informatika ITP ini dapat memberikan motivasi dan membakar semangat mahasiswa untuk menerima, menimba, dan menabung dari ilmu yang disampaikan. Ia menambahkan semoga mahasiswa dapat mengikuti jejak dari pemateri yang merupakan mahasiswa berprestasi ITP.

“Terima kasih untuk pemateri dan tim karena telah meluangkan waktunya untuk dapat berbagi informasi dan pengetahuan dengan mahasiswa Prodi Teknik Informatika. Serta selamat mengikuti Kuliah Tamu kepada adik-adik mahasiswa, diharapkan adik-adik mahasiswa dapat mengikuti Kuliah Tamu ini dengan serius dan dapat menyerap informasi yang diberikan oleh pemateri ,” harap Ka.Prodi.


Acara yang dimoderatori oleh Indra Warman, M.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah Jaringan Komputer-2 memaparkan Kuliah Tamu bertujuan sebagai upaya dalam transfer ilmu pengetahuan atau informasi yang terbaru di bidang teknologi terutama dalam Teknologi dan Infrastruktur Jaringan.

Ia menerangkan dengan adanya Kuliah Tamu ini mahasiswa akan langsung berinteraksi dengan praktisi, sehingga dapat memperoleh pengalaman dan kompetensi terkait perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru yang ada dilapangan. Hal ini mendukung visi Prodi Teknik Informatika sebagai Prodi yang unggul dan kompetitif di bidang Jaringan Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak.

“Pemateri merupakan alumni Prodi Teknik Informatika yang tidak hanya berprestasi secara akademik namun juga aktif dalam kegiatan non-akademiK. Pemateri juga berhasil berkarir di bidang jaringan internet dan memiliki beberapa sertifikat keahlian yang menunjang ia dalam bekerja ,” ungkap ia.

Imam Raddha Tanjung, S.T. MTCNA memberikan materi Kuliah Tamu mengenai “Penerapan Teknologi dan Infrastruktur Jaringan pada Layanan Internet Service Provider”. Dalam pemamaparannya Imam menjelaskan Produk dan layanan ICON+ menghadirkan produk dan layanan berupa connectivity dan internet access, managed services dan platform digital. Acara ditutup dengan serangkaian tanya jawab oleh peserta dan pemateri.

 

Created By Widia/Humas