Berita / Akademik /
Tanda Tangani MoU, Polda Sumbar dan ITP Jalin Kolaborasi di Bidang Penelitian dan Pendidikan
Humas | 21 Juni 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Rektor Institut Teknologi Padang (ITP), Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T dan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Irjen.Pol. Suharyono, S.I.K., S.H. menandatangani Memorandum of Understanding tentang penyelenggaraan pengembangan sumber daya, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan pada Senin, (19/06) di Rusunawa Asrama Polisi Lolong Padang.

Kapolda Sumbar dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tersebut adalah wujud sinergitas antara Polda Sumbar dengan ITP untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia di lingkungan Polda Sumbar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan fungsi serta wewenang masing-masing pihak.

Ia berharap melalui kerja sama tersebut, Polda Sumbar dan ITP kedepannya lebih baik dan berprestasi lagi melalui karya-karya yang lahir dari kedua institusi. Ia menambahkan dengan berbagai kerja sama yang terjalin tentunya akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, serta sumbangan ITP berupa ilmu pengetahuan dapat bermanfaat untuk kemajuan Kepolisian Daerah Sumbar.


“Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77 Polda Sumbar melakukakan serangkaian acara kegiatan, diantaranya adalah peresmian Lingkungan Presisi Polda Sumbar, termasuk pemurnian air Polder Polda Sumbar menjadi air bersih. Pengolahan air bersih menggunakan AFRO Water Treatment produk ITP diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih di lingkungan Rusunawa Aspol lolong Padang dan masyarakat disekitar wilayah tersebut ,” ungkap Kapolda Sumbar.

Sementara itu, Rektor ITP , Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T mengatakan perguruan tinggi sebagai tempat pengembangan pengetahuan harus  terus mendorong inovasi dari hasil kajian riset yang dihilirisasi. Inovasi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi mampu melakukan perubahan dan meningkatkan kualitas keilmuan bagi program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ITP berkomitmen untuk meningkatkan produk-produk hasil sinergitas antara ITP dan Polda Sumbar. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekuatan dan manfaat bagi institusi dalam berkontribusi pada bangsa dan negara.

Rektor menyampaikan Penandatangan MoU ini merupakan tindak lanjut dari penjajakan kerja sama yang dirancang antara ITP dengan Polda Sumbar melalui Biro Logistik Polda Sumbar yang dipimpin oleh Kombespol Suranta Pinem, S.I.K., M.M. Ia menyebutkan kerja sama ini kedepannya dapat di implementasikan pada kegiatannya nyata, dengan begitu kepolisian dan perguruan tinggi dapat berperan dalam melakukan pembangunan di Indonesia.

Salah satu bentuk implementasi kerja sama yang telah diresmikan oleh Kapolda Sumbar didampingi oleh Rektor ITP adalah peresmian pemurnian air polder Rusunawa Aspol Lolong Padang. Pemurnian air ini merupakan aplikasi inovasi teknologi AFRO Water Treatment berbasis tenaga surya karya dosen dan mahasiswa ITP.

Baca juga : ITP dan Polda Sumatera Barat Resmikan Aplikasi Inovasi Teknologi Pengolahan Air Polder Rusunawa Aspol Lolong Kota Padang

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda sumatera barat yang telah menfasilitasi kami untuk membangun kerja sama dengan Polda Sumbar. Kami berharap kedepannya sinergi yang telah terbangun dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas melalui produk-produk yang lahir dari peneliti-peneliti ITP, “ tutup Rektor.

Created By Widia/Humas