Berita / Akademik /
ITP dan Polda Sumatera Barat Resmikan Aplikasi Inovasi Teknologi Pengolahan Air Polder Rusunawa Aspol Lolong Kota Padang
Humas | 21 Juni 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Irjen.Pol. Suharyono, S.I.K., S.H. meresmikan dan melakukan pengujian pada aplikasi inovasi teknologi pengolahan air polder Rusunawa Aspol Lolong Kota Padang. Kapolda Sumbar di damping oleh Rektor Institut Teknologi Padang (ITP), Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T berkesempatan langsung menguji air hasil olahan AFRO Water Treatment pada penyelenggaraan HUT Bhayangkara ke-77, Senin(19/06) di Rusunawa Asrama Polisi Lolong Padang.

Dalam kegiatan ini Kapolda Sumbar meresmikan empat unit AFRO Water Treatment sebagai alat pemurnian Air Polder Rusunawa Aspol Lolong Kota Padang. Sumber air yang diolah pada pemurnian ini bersumber dari Air Polder Rusunawa Aspol Lolong Kota Padang yang meliputi air hujan, air sungai, dan air limbah rumah tangga yang selanjutnya akan diolah menjadi air bersih.

“Pengolahan air bersih dengan sistem menampung air sungai, air hujan, dan air limbah rumah tangga untuk kemudian diolah menjadi air bersih, merupakan bentuk dari bakti sosial. Selain itu juga bagian dari pemanfaatan Rusunawa Aspol lolong Padang sebagai lingkungan presisi Polda Sumbar, “ ujar Kapolda Sumbar dalam sambutannya.

Ia juga mengharapkan agar air hasil olahan AFRO Water Treatment karya dosen ITP ini dapat digunakan dilingkungan Rusunawa Aspol lolong Padang, serta masyarakat sekitar guna memenuhi kebutuhan air bersih.

Saat ditemui secara langsung rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T memaparkan bahwa pengaplikasian inovasi teknologi pengolahan air minum di Rusunawa Aspol lolong Padang merupakan bentuk kerja sama antara ITP dengan Polda Sumbar. Kerja sama ini terjalin melalui Biro Logistik Polda Sumbar yang dipimpin oleh Kombespol Suranta Pinem, S.I.K., M.M.

“Kombespol Suranta Pinem tertarik dengan produk AFRO Water Treatment karya dosen Teknik Mesin ITP Hafni, S.T, M.T, ia meminta agar ITP dapat merancang dan mengaplikasikan AFRO Water Treatment dalam pengolahan Air Polder Rusunawa Aspol Lolong Padang. Tentu ITP menyambut baik hal tersebut setelah pengembangan beberapa bulan tepat pada HUT Bhayangkara ke-77, secara resmi AFRO Water Treatment di aplikasikan di Rusunawa Aspol Lolong Padang, “ papar Rektor.

Rektor menambahkan pengolahan air bersih ini telah dilakukan di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan pada Februari tahun 2021. Tim AFRO Water Treatment berhasilkan menyediakan 5 unit AFRO Water Treatment yang telah diaplikasikan pada 10 Nagari di Kecamatan Pancung Soal dengan memanfaatkan sumber air air yang di olah adalah dari air sungai dan air payau menjadi air bersih.

Rektor mengungkapkan selain di Kecamatan Pancung soal, pada tahun 2023 ini juga dilaksanakan pengaplikasikan AFRO Water Treatment di Kabupaten Agam. Ia menerangkan terdapat pengembangan inovasi pada produk AFRO Water Treatment yang di aplikasikan di Rusunawa Aspol Lolong Padang.


“Pada pengolahan air polder Rusunawa Aspol Lolong Padang Tim mengembangkan inovasi teknologi yaitu Teknologi AFRO Water Treatment berbasis tenaga surya. Polda Sumbar mengaplikasikan empat unit AFRO Water Treatment, kapasitas ini dioptimalkan pemanfaatannya dalam pengolahan air polder Rusunawa Asrama Polisi Lolong ,” tutur Rektor.

Baca juga : Dosen Prodi Teknik Mesin dan Dosen Prodi TRIL ITP Jalin Riset Kolaboratif dalam Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Lahirkan Produk Berbasis Green Energy

Selain itu juga ditujukan bagi  masyarakat sekitar yang membutuhkan air bersih dengan catatan hanya dimanfaatkan untuk Mandi, Cuci, Kakus, (MCK), karena kajian riset penelitiannya belum sampai untuk diminum.

 

Created By Widia/Humas