Berita / Akademik /
14 Mahasiswa ITP Ikuti Seleksi ONMIPA-PT 2023 Tingkat Wilayah, Kembangkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa di bidang Matematika dan IPA
Humas | 08 Juni 2023
Foto : Humas ITP-Widia Afrianti
Empat belas mahasiswa terbaik Institut Teknologi Padang (ITP) terpilih mengikuti ajang seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi  (ONMIPA-PT) tahun 2023 tingkat wilayah. Seleksi tingkat wilayah yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah X ini dilaksanakan secara daring pada 23-24 Mei 2023 di Laboratorium Programming dan Apps Lab (PAL) Program Studi (Prodi) Teknik Informatika ITP. 

Kepala Biro BIKMA dan Pusat Karir ITP, Saiyidinal Fikri, M.T.  menjelaskan kompetisi yang dilombakan dalam ONMIPA-PT meliputi empat bidang yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Mahasiswa ITP yang mengikuti seleksi wilayah ONMIPA-PT 2023 terdiri dari 4 peserta bidang Fisika, 5 peserta bidang Matematika, dan 5 peserta bidang Biologi. 



“Peserta seleksi ONMIPA-PT merupakan mahasiswa aktif ITP program S1 dan Diploma yang berasal dari berbagai Prodi di ITP. Sebagai bentuk dukungan kepada para delegasinya, ITP memberikan pelatihan intensif dibawah bimbingan dosen dengan kepakaran yang kompeten  dibidangnya  yaitu Minarni, S.si, M.T., Meli Muchlian, M.Si., dan Nelvidawati, M.T yang berlangsung selama satu bulan, “ ujar ia, Senin (05/06). 



Ia mengungkapkan bimbingan pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali peserta untuk menghadapi kompetisi seleksi tingkat wilayah. Harapannya dengan materi dan bekal yang telah diberikan dapat mempersiapkan peserta mencapai nilai yang telah ditetapkan oleh DIKTI serta dapat lolos ke tingkat Nasional. 

ITP rutin setiap tahunnya mengirimkan delegasinya untuk mengikuti seleksi ONMIPA PT, tiap tahun jumlah peserta yang ikut serta dalam seleksi ini terus mengalami peningkatan. Hal ini merupakan bukti bahwa semangat dan motivasi mahasiswa untuk berkompetisi dan berprestasi semakin tinggi selaras dengan minat dan bakatnya. 

“Harapannya untuk kedepannya semakin banyak mahasiswa yang termotivasi untuk berkompetisi di tingkat regional dan nasional baik dalam seleksi ONMIPA-PT maupun ajang kompetisi lainnya. Hal ini dikarenakan idealnya semakin banyak mahasiswa yang ikut, maka kita dapat melakukan seleksi tingkat perguruan tinggi, “ terang ia. 

Terakhir ia juga menambahkan bahwa harapannya pada tahun-tahun berikutnya kita memiliki mahasiswa yang telah siap bersaing dalam berbagai kompetisi serta telah berhasil lolos pada seleksi tingkat perguruan tinggi. Peserta merupakan mahasiswa yang mengikuti bimbingan yang intensif selama beberapa bulan sehingga peserta dapat melangkah lebih pasti di tingkat selanjutnya. 

Berikut adalah para peserta ONMIPA-PT 2023 ITP yang mengikuti seleksi tingkat wilayah : 

Bidang Matematika : 

1.Aida Utami Putra (Prodi Teknik Sipil)
2.Fadel Deva Ramadhan (Prodi Teknik Sipil)
3.Abdullah Gimastiar Jusman (Prodi Teknik Sipil)
4.Hamid Alfarisi (Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung)
5.Tri Ketin Regina Nababan (Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung) 

Bidang Fisika : 

1.Resma Yunita (Prodi Teknik Sipil)
2.Ryan Ariswandi Siregar (Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung)
3.Rifan Maulana (Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung)
4.Kifatul Najmi (Prodi Teknik Informatika) 

Bidang Biologi : 

1.Roid Pratama (Prodi Teknik Sipil)
2.Ataya Gina Azzuhra (Prodi Teknik Sipil)
3.Fitri Wulandari (Prodi Teknik Sipil)
4.Zukri Popi Manila (Prodi Teknik Lingkungan)
5.Gian Efrinda Ath-Thariq (Prodi Teknik Lingkungan) 

Created By Widia/Humas