Berita / Akademik /
Kisah Dua Mahasiswa Peraih Medali Emas, Perak, Dan Perunggu Kompetisi Sains Pelajar Nasional Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2023
Humas | 02 Maret 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Bertepatan dengan Puncak Dies Natalis ke-50, Institut Teknologi Padang (ITP) memberikan penghargaan kepada dua orang mahasiswa berprestasi. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh  Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd dan Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T., Selasa (28/02), bertempat di Aula Kampus 1 Gedung D, lt 2, Jalan Gajah Mada Kandis Nanggalo, Padang.

Dua mahasiswa ITP berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Mereka berhasil memperoleh medali emas,perak dan perunggu dalam Kompetisi Sains Pelajar Nasional (KSPN) Mahasiswa Tingkat Nasional bidang Biologi dan Bahasa inggris. Kedua mahasiswa tersebut adalah Ataya Gina Azzura peraih medali emas pada kategori bidang Biologi dan Roid Pratama peraih medali perak pada bidang biologi sekaligus meraih medali perunggu pada bidang Bahasa Inggris.

 

Kompetisi Sains Pelajar Nasional (KSPN) merupakan olimpiade individu jenjang mahasiswa tingkat nasional yang dilaksanakan secara daring. Olimpiade yang diselenggarakan oleh PT. Gantari Competiton tersebut terdiri dari beberapa jenjang pendidikan termasuk kategori guru serta beberapa pilihan bidang. Di antaranya adalah Biologi, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Menurut Gina, KSPN merupakan event yang cukup bergengsi secara Jumlah peserta. “Hal ini karena yang mengikuti lomba ini lumayan banyak, hampir setiap cabang lomba melampaui 100 pendaftar ditiap jenjang pendidikan,” ungkapnya.

Mahasiswi Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil  itu menuturkan bahwa motivasi terbesarnya dalam berprestasi adalah keinginan membanggakan kedua orang tua dan keluarga. Gina tidak ingin menyia-nyiakan waktu saat menjadi mahasiswa oleh sebab itu ia aktif mengikuti perlombaan.

Awalnya sering mengikuti akun Instagram  Universitas, dan sering mengikuti kompetisi baik secara daring maupun secara luring, kalau luring biasa saya mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan di Kota Padang. Untuk  Informasi KSPN ini liat di Instagramnya  PT. Gantari Competiton, waktu itu langsung mau daftar dan ajak temen sekelas yaitu Roid,” imbuhnya.


Gina bercerita bahwa saat mengikuti olimpiade seleksi Kompetisi Sains Pelajar Nasional itu cukup mendebarkan, meskipun ia telah terbiasa untuk mengikuti lomba dari bangku SMA tetapi kompetisi kali ini cukup menantang dari segi soal dan proses pelaksaannya. Namun, menurutnya karena kompetisi dilakukan pada periode libur semester Gina bisa konsentrasi dalam persiapan Kompetisi Sains Pelajar Nasional serta menurutnya ini merupakan bukti dari pemanfaatan positif dari sosial media.

”Awalnya kanget melihat jenis soal yang diberikan, namun karena memang memiliki latar belakang pendidikan IPA dan memang suka ikut lomba jadi ketika seleksi berlangsung, saya fokus untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan dari ketiga bidang tersebut. Total soal yang saya kerjakan berjumlah 170 soal dalam waktu 180 menit,” tambah Gina.

Atas penghargaan yang diberikan oleh ITP Gina turut menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari pihak kampus. Gina menilai perhatian kampus sangat besar terhadap pencapaiannya, ia sangat senang bahwa kampus menghargai perjuangan ia bersama rekannya Roid.

“Kedepannya Gina ingin mencoba berbagai lomba lagi, karena sebagai penerima beasiswa saya juga ingin terus menambah prestasi. Harapannya untuk kompetisi kedepan ada bantuan pendampingan dan bimbingan untuk  meningkatkan skill keilmuan. Buat ITP semoga makin berkembang dan terus berdedikasi bagi perkembangan  pendidikan Indonesia,” tutup Gina.

Berbeda dengan Gina yang telah tebiasa mengikuti lomba, Roid bercerita bahwa ini merupakan kali pertama dia mengikuti Kompetisi Sains. Ia menyampaikan Gina mengajaknya mengikuti kompetisi untuk mengisi liburan semester.

“Saya sangat tidak menyangka berhasil meraih medali, bahkan dua medali sekaligus. Saat membuka pengumuman hasil seleksi kompetisi saya merasa sangat bahagia, meski dengan latar pendidikan yang berbeda saya mampu mencetak prestasi dibidang Biologi dan Bahasa Inggris,” ujar Roid.


Roid menambahkan setelah mengikuti serangkaian proses seleksi selama dua minggu tepat pada tanggal 31 Januari hasil seleksi diumumkan. Berdasarkan hasil seleksi ia bersama Gina mencoba menghubungi kampus untuk menyampaikan prestasi yang mereka miliki.

“Melalui bapak Saiyidinal Fikri, M.T.  selaku Kepala Biro BIKMA dan Pusat Karir ITP kami menginformasikan bahwa kami berhasil meraih medali dalam Kompetisi Sains Tingkat Nasional. Beliau langsung merespon cepat dengan meminta kami untuk mengirimkan beberapa informasi data diri dan Hasil Pengumuman Kompetisi Sains Pelajar Nasional (KPSN) Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2023,” jelasnya.

 

Roid juga menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh ITP. Menurutnya sebagai mahasiswa yang baru tergabung enam bulan di ITP ia sangat salut dengan dukungan dari ITP. Lebih lanjut kedepannya dengan adanya apresiasi ini ia semakin semangat untuk mencoba berbagai lomba lagi termasuk jika ada kesempatan untuk mengikuti lomba pada bidang yang menjadi fokus studinya saat ini.

Created By Widia/Humas