Berita / Akademik /
Tingkatkan Wawasan Teknologi Tata Suara, Prodi TRIL ITP Gelar Seminar Series Gandeng PT. Toa Galva Prima Karya
Humas | 15 Mei 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Teknologi audio telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa dekade terakhir, mengubah cara kita berinteraksi dengan media, hiburan, dan komunikasi. Menanggapi hal tersebut, Program Studi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (TRIL) Institut Teknologi Padang menggelar acara Seminar Series dengan narasumber dari perusahaan sound system ternama di Indonesia PT. Toa Galva Prima Karya, pada Senin (13/05).

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Prodi TRIL ITP, Asnal Effendi, S.T, M.T dan turut dihadiri oleh President Director PT. Toa Galva Prima Karya, Keisuke Amano, Director PT. Toa Galva Prima Karya, Akinori Miyamura, dan seluruh mahasiswa Prodi TRIL dan Teknik Elektro ITP.


Dalam sambutannya, Ka. Prodi TRIL ITP menyampaikan seminar series yang bertajuk “Teknologi Tata Suara Terhadap Kenyamanan Suara Dalam Gedung dan Luar Gedung”, bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa terkait sistem dan konsep tata suara yang baik untuk kenyamanan pendengaran manusia.

“Sebelumnya terima kasih kepada tim PT. Toa Galva Prima Karya yang telah hadir di kampus ITP, semoga seminar ini semakin memperkaya pengetahuan mahasiswa terhadap teknologi tata suara. Harapannya ke depan sinergi yang terjalin antara ITP dan PT. Toa Galva Prima Karya dapat membawa kita ke era inovasi teknologi tata suara masa depan ,” ungkap Ka.Prodi TRIL ITP.


Di samping itu jejaring kerja sama antara ITP dan PT. Toa Galva Prima dapat semakin mendukung transformasi pendidikan yang link and match dengan industri. Dimana ruang lingkup kerja samanya meliputi program magang industri dan beberapa program kolaborasi lainnya.


Acara seminar series yang dimoderatori Ir. Antonov, S.T, M.T, IPM selaku dosen Prodi TRIL ITP, diisi oleh Eddy Pranatala selaku Business Development Manager PT. Toa Galva Prima. Dalam paparannya, Eddy mengawali dengan penyampaian Company Profil dari PT. Toa Galva Prima yang merupakan anak perusahaan Toa Corporation, Japan yang telah berpengalaman di dunia audio sejak tahun 1934.


Selaku praktisi audio profesional, Eddy menyampaikan beberapa elemen penting dalam konsep tata suara baik dalam maupun luar gedung. Hal tersebut meliputi jenis perangkat audio sistem, titik penempatan perangkat audio sistem, dan desain ruangan penempatan perangkat audio sistem.

“Dalam dunia tata suara ada beberapa riset yang telah dilakukan dan menghasilkan standar serta aturan dalam penggunaan perangkat teknologi audio sistem. Salah satunya adalah aturan masking effect, dimana suara pengeras suara harus lebih tinggi 10 dB dibandingkan suara di lingkungan sekitar pengeras suara itu ditempatkan ,” jelas Eddy.


Dalam kesempatan ini Eddy juga menjelaskan berbagai macam jenis-jenis mikrofon dan speaker produksi PT. Toa Galva Prima yang dapat dimanfaatkan publik sebagai perangkat audio sesuai kebutuhan. Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif yang berhadiah doorprize menarik dari tim PT. Toa Galva Prima Karya.

Terakhir, acara ditutup dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama peserta acara dengan tim PT. Toa Galva Prima Karya. Harapannya acara seminar series ini dapat membangkitkan minat dan kreatifitas mahasiswa Prodi TRIL dan Teknik Elektro ITP, sehingga bisa menjadi pribadi yang unggul dan berkompeten, terutama di bidang teknologi tata suara.


Created By Widia/Humas