Berita / Akademik /
Prodi Teknik Lingkungan ITP Gelar Kuliah Tamu, Mengulas Wawasan Praktis Sistem Distribusi Air Minum bersama PDAM Kota Padang
Humas | 13 Desember 2023
Foto : Humas ITP
Dalam rangka meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai Sistem Distribusi Air Minum khususnya di kawasan Kota Padang, Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Institut Teknologi Padang (ITP) menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadirkan narasumber Jamaris, A.Md., Manajer Distribusi Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang pada Senin (11/12) bertempat di Aula Gedung D Kampus 1 ITP.



Acara kuliah tamu dibuka secara resmi oleh Dr. Herix Sonata, MS., M.Si selaku Ketua Prodi Teknik Lingkungan ITP, dalam sambutannya ia menyampaikan penyelenggaraan kuliah tamu merupakan implementasi Tri Dharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan. Ia menambahkan dengan adanya kuliah tamu ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan praktis kepada mahasiswa terkait Sistem Distribusi Air Minum.



“Kami menyambut baik atas kesediaan Bapak Jamaris, A.Md yang berkenan hadir sebagai narasumber dalam kegiatan kuliah tamu bersama mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil ITP. Harapannya melalui kegiatan ini hubungan baik antara PDAM Kota Padang dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak ,” ujar Ka.Prodi Teknik Lingkungan ITP.



Dr. Herix Sonata, MS., M.Si berharap dengan adanya kuliah tamu ini kedepan akan terjalin berbagai program kerja sama baik dalam bidang pendidikan, riset penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ia menuturkan kuliah tamu ini memberikan wawasan kepada mahasiswa dan peserta kuliah tamu tentang aplikasi lapangan dan tips , trik, serta strategi PDAM Kota Padang menghadapi berbagai kasus distribusi air minum di Kota Padang.



Dalam paparannya, Jamaris, A.Md mengusung materi “Sistem Transmisi dan Distribusi Air Minum Kota Padang”, ia mengulas berbagai sistem pengaliran pada jaringan transmisi dan distribusi meliputi sistem gravitasi, sistem pemompaan, dan sistem gabungan. Selanjutnya ia menuturkan berbagai jenis pipa yang dimanfaatkan oleh PDAM Kota Padang sebagai alat transmisi dan distribusi air minum.

“PDAM Kota Padang telah menyelenggarakan berbagai program untuk keberlanjutan pengembangan sistem distribusi dan transmisi air minum, salah satu inovasi dari PDAM Kota Padang adalah membuat zona air minum prima (ZAMP). Inovasi ZAMP adalah sebuah sistem penyediaan air minum yang berada di satu kawasan perumahan yang berlokasi di Taban ,” ujar ia.



Berbagai program inovasi terus dilakukan oleh PDAM Kota Padang guna memberikan pelayanan optmal bagi masyarakat, diantaranya peremajaan pipa, pengaktifan tim Unit Reaksi Cepat, melakukan uprating dan rerating pada instalasi pengolahan air, serta digitalisasi dan modernisasi perpipaan .



Ia melanjutkan, Jaringan pipa transmisi dan distribusi Kota Padang melayani daerah tujuan pelayanan bagi pelanggan dan masyarakat saat ini didistribusikan sebanyak 15 rayon (wilayah pelayanan). Seluruh Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) terbagi pada 3 daerah pelayanan yakni, Wilayah Pelayanan Pusat, Wilayah Pelayanan Utara, dan Wilayah Pelayanan Selatan.



Pada sesi ini, ia juga menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi tim distribusi air minum PDAM Kota Padang, diantaranya pengaturan aliran, pengaturan tekanan, perbaikan kerusakan dan kebocoran, serta kualitas air dijaringan.



Sesi kuliah tamu yang dipandu oleh salah seorang dosen Teknik Lingkungan ITP, Vina Azatri, M.T berlangsung interaktif dengan adanya beberapa pertanyaan dari para peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan ITP, serta mahasiswa Teknik Sipil ITP. Harapannya dengan diselenggarakannya kuliah tamu ini mahasiswa dapat meningkatkan wawasan mengenai sistem distribusi air minum di Kota Padang.

Created By Widia/ Humas