Berita / Akademik /
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika ITP Gelar BOLEAN 2023 Berbasis Wawasan Akademik dan Leadership
Humas | 12 Desember 2023
Foto : Tim Dokumentasi BOLEAN HMTI ITP 2023
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Institut Teknologi Padang (ITP) menyelenggarakan Bimbingan Orientasi Leadership dan Akademik Tahunan (BOLEAN) 2023 bertajuk “ Menjadikan Generasi Engineering yang berkarakter dan Inovatif”. Kegiatan BOLEAN berlangsung selama 3 hari pada tanggal 7, 9, dan 16 Desember 2023 bertempat di Aula tertutup Gedung D Kampus 1 ITP dan Lumin Camp Padang.

BOLEAN 2023 dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Dr. Maidiawati, S.T., M.Eng dan dihadiri oleh pembina HMTI ITP, Ganda Yoga Swara, S.Kom., M.Kom, Pjs BEM-KM ITP, Nodi Imanuddin, Ketua HMTI ITP, Alfonsus Putera Waruwu, dan seluruh mahasiswa Teknik Informatika ITP angkatan 2023 sebanyak 46 orang.



Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Maidiawati mengungkapkan kegiatan BOLEAN merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh HMTI ITP dalam rangka memperkenalkan lingkungan kampus dan sistem perkuliahan di Prodi Teknik Informatika ITP kepada mahasiswa baru.

Disamping itu sesuai dengan namanya BOLEAN memiliki makna Bimbingan Orientasi Leadership dan Akademik, dimana ini adalah wahana bagi mahasiswa baru untuk melatih jiwa kepemimpinan dan meningkatkan wawasan akademik mahasiswa baru.

“Nama BOLEAN terdengar sangat unik dan mudah diingat, BOLEAN selaras dengan namanya bertujuan memberikan orientasi bimbingan leadership dan akademik yang merupakan aspek penting dalam kehidupan. Menghadapi tantangan era digitalisasi mahasiswa dituntut untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kemampuan softskillsnya, “ ujar Prof. Maidiawati

Menurut Prof. Maidiawati mahasiswa harus mengasah keterampilan dan kemampuan softskillsnya dari masa kuliah, karena kemampuan tersebut tidak dapat dikuasai secara instan. Melalui kegiatan BOLEAN ini mahasiswa didorong untuk memanfaatkan kesempatan selama masa kuliah dengan mengikuti berbagai pelatihan dan pembekalan yang berguna bagi pengembangan kualitas diri mahasiswa.

“Saya mewakili institusi sangat mengapresiasi semangat mahasiswa panitia pelaksana dalam menyelenggarakan kegiatan BOLEAN 2023 dengan menggelar berbagai rangkaian acara yang bertujuan mengembangkan kreativitas mahasiswa. Di sisi lain saya juga mengapresiasi semangat peserta BOLEAN 2023 untuk mengembangkan diri,” terang Dekan Fakultas Teknik ITP.

Prof. Maidiawati juga menyampaikan peran aktif mahasiswa baik yang bersifat akademik maupun non-akademik berdampak positif dalam meningkatkan nilai-nilai prodinya terutama dalam proses akreditasi. Ia menuturkan kontribusi aktif yang diberikan mahasiswa semuanya memiliki poin-poin yang bernilai dan terukur guna pengembangan prodinya menuju unggul.

Hal senada disampaikan oleh pembina HMTI ITP, Ganda Yoga Swara, S.Kom., M.Kom. selaku perwakilan Prodi Teknik Informatika ITP, ia mengapresiasi panitia pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. Ia mengatakan mahasiswa sudah merancang BOLEAN 2023 dengan berbagai bentuk kegiatan yang berorientasi pada prestasi, mengasah kompetensi, dan menanamkan pendidikan karakter.

“Kegiatan BOLEAN memiliki dua fokus utama yang perlu digaris bawahi pertama sisi leadership dan kedua sisi akademik, setiap mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan dalam mendukung keberhasilannya selama proses studi. Harapannya dengan adanya kegiatan BOLEAN ini mahasiswa dapat memiliki bekal wawasan akademik dan motivasi untuk menyelesaikan studinya dengan berprestasi dan berkualitas,” papar ia.

Raihan Ridho Saputra selaku ketua panitia pelaksana BOLEAN Tahun 2023 mengungkapkan kegiatan yang dirancang oleh panitia menantang kreativitas mahasiswa baru dengan berbagai bentuk kegiatan. Tidak hanya terpaku pada kegiatan berbasis materi, para mahasiswa baru Teknik Informatika ITP juga disuguhkan kegiatan pelatihan kepemimpinan, manajemen organisasi dan outbound.

“BOLEAN merupakan agenda rutin dari HMTI ITP dalam rangka orientasi dan kaderisasi awal bagi mahasiswa baru Teknik Informatika ITP yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan baik mengenai hal akademik dan organisasi. Rangkain kegiatan BOLEAN 2023 dirancang untuk melatih pengembangan softskill serta sebagai ajang silaturahmi antara sivitas akademika Teknik Informatika ITP ,” tutup Raihan.

Created By Widia/Humas