Berita / Akademik /
Prodi Teknik Informatika ITP Gelar Kuliah Tamu Masa Depan Arsitektur Mikroservis Skalabel Bersama CEO PT. ARGENESIA
Humas | 12 Desember 2023
Foto : Humas ITP
Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Padang menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Pengantar Mikroservis : Membangun Arsitektur Terdistribusi yang skalabel” sebagai bagian dari mata kuliah Pemograman Web pada Kamis (30/11) bertempat di Aula Gedung D Kampus 1 ITP. Kuliah tamu ini mengundang Alex Wardana, S. Pd yang merupakan CEO PT. ARG Solusi Teknologi (ARGENESIA) sebagai narasumber dan dipandu oleh dosen Prodi Teknik Informatika, Anisya, M.Kom.



Kuliah umum dibuka secara resmi oleh Ketua Prodi Teknik Informatika ITP, Eva Yulianti, M.Cs., dalam sambutannya ia menyebutkan kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Prodi Teknik Informatika ITP dalam menciptakan iklim kampus yang relevan dengan industri. Pelaksanaan kuliah tamu adalah komitmen Prodi Teknik Informatika ITP untuk memberikan proses pembelajaran yang adaptif dan edukatif.

“Melalui kuliah tamu dengan menghadirkan figur professional terkait Pemograman Web, mahasiswa dapat melihat aktualisasi pemanfaatan Pemograman Web dalam dunia industri terkini. Harapannya mahasiswa dapat menggali pengetahuan dan wawasan bersama pemateri sekaligus memperkuat sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi agar menghasilkan kualitas pendidikan yang baik dan terbarukan, “ ujar ia.



sesi penyampaian materi di buka dengan paparan dari Alex Wardana, S. Pd terkait pengenalan profil PT. ARGENESIA, ia menyampaikan PT. ARGENESIA adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak dimana produk-produknya ditujukan untuk industri, lembaga pemerintahan, dan perguruan tinggi. Ia menambahkan PT. ARGENESIA didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di berbagai bidang teknologi dan bisnis.

Ia menuturkan kuliah tamu ini bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan praktis kepada mahasiswa mengenai industri perangkat lunak yang sedang berkembang pesat saat ini, serta mengetahui produk dan segi manajerialnya. Selanjutnya, ia berbagi wawasan tentang tren terkini di industri perangkat lunak dan pentingnya adaptasi terhadap perubahan teknologi.

Pada sesi ini Alex juga membahas peluang karir yang ada di industri perangkat lunak dan memberikan tips dan trik kepada mahasiswa dalam mempersiapkan diri mereka untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif.



Sesi dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Rizki, salah seorang tim dari PT. ARGENESIA, dalam sesi kedua Rizki menjelaskan tentang materi Pengantar Mikroservis : Membangun Arsitektur Terdistribusi yang skalabel. Ia menjelaskan berbagai keuntungan Arsitektur Mikroservis, diantaranya skalabilitas, pemeliharaan mudah, dan setiap layanan dapat dikembangkan, dikelola, dan diukur secara independen.

Rizki juga menuturkan terdapat beberapa tantangan dibidang pengembangan perangkat lunak mikroservis, seperti kompleksitas manajemen, pengelolaan konsistensi data, dan kendala dalam memonitor dan mengatur layanan yang beroperasi secara independen.



Acara ditutup dengan sesi tanya jawab interaktif antara tim PT. ARGENESIA dengan mahasiswa. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertanya langsung kepada para ahli tentang topik yang menarik minat mereka, termasuk pengembangan perangkat lunak, analitik data, kecerdasan buatan, dan tren bisnis terkini.

Diharapkan, melalui kuliah tamu ini, mahasiswa Prodi Teknik Informatika ITP dapat mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang industri perangkat lunak dan meningkatkan perspektif mereka terhadap peluang dan tantangan yang ada. Semoga kolaborasi semacam ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak terlibat.

Created By Widia/Humas