Berita / Akademik /
Ciptakan Atmosfer Akademik yang Profesional dan Relevan, ITP Gelar Webinar Internasional Bersama Pakar Geospasial Nasional dan Internasional
Humas | 04 Desember 2023
Foto : Prodi Teknik Geodesi ITP
Komoditas tambang strategis Indonesia berpotensi menjadi modal mewujudkan Indonesia Maju 2045, sejalan dengan perkembangan pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Program Studi Teknik Geodesi Institut Teknologi menggelar Webinar Internasional yang bertajuk “Applied Geodesy In Mining Industry” dengan menghadirkan pakar dan pelaku industri pertambangan Nasional dan Internasional.

Kegiatan Webinar Internasional ini mengundang Win Pyae Htet, B.sc (Hons), M.Sc, M.Sc dari Geology Department, kyaing Tong University Myanmar yang merupakan Geospatial analyst and Data Management expertise selaku Keynote Speaker. Sesi selanjutnya akan diisi dengan diskusi bersama Raka Angga Prawira, S.T, Supervisor Business Consultant PT. SONAR NUSANTARA yang merupakan pakar Geospasial Indonesia.

Ketua Program Studi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, S.T., M.T menyampaikan Webinar Internasional ini merupakan agenda rutin tahunan Prodi Teknik Geodesi ITP yang diagendakan akan dilaksanakan pada Rabu, 06 Desember 2023 bertempat di Aula Tertutup Gedung D Kampus 1 ITP.

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan atmosfer akademik dan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dengan menghadirkan para pakar industri pertambangan Nasional dan Internasional baik dengan latar belakang akademisi maupun praktisi. Webinar Internasional ini merupakan bagian kerja sama antara Prodi Teknik Geodesi ITP dengan PT. SONAR NUSANTARA, pada kegiatan Webinar Internasional ini juga akan dilakukan penandatangan dokumen Implementation of Agreement (IA) antara kedua belah pihak,” ujar ia.

Kegiatan Webinar Internasional ini digagas oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geodesi ITP sebagai bentuk dukungan bagi peningkatan mutu SDM Indonesia terutama dibidang Geospasial. Industri pertambangan dan bidang keilmuan Teknik Geodesi saling beririsan, keduanya saling terkait dalam hal datadan informasi Geospasial meliputi data mengenai jarak, tinggi, kedalaman, koordinat, dan lain-lainnya yang terintegrasi dengan pembangunan industri berkelanjutan.

Salah satu yang menarik pada penyelenggaraan Webinar Internasional ini adalah kehadiran Nurdin Hamzah, S.T. yang merupakan alumni Teknik Geodesi ITP yang telah bekerja di PT. Obi Nickel Cobalt. Ia merupakan lulusan peraih IPK tertinggi yaitu dengan IPK 3, 85 pada pelaksanaan Wisuda ITP ke 78, kehadiran Nurdin adalah dalam rangka meningkatkan motivasi dan semangat mahasiswa dalam menggali potensi dan kualitas dirinya.

Hal senada disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Dr. Maidiawati, S.T, M.Eng, menurutnya pelaksanaan kegiatan Webinar Internasional sangat penting dan relevan dengan kondisi saat ini. Ia menambahkan sangat mengapresiasi langkah Prodi Teknik Geodesi ITP dalam menciptakan ekosistem kampus yang profesional, adaptif, dan bekualitas.

“Harapannya mahasiswa dan peserta Webinar Internasional dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan menggali ilmu pengetahuan dengan diskusi bersama para pakar Geospasial yang telah memiliki berbagai pengalaman di dunia industri terutama industri petambangan. Sehingga akan lahir berbagai potensi kerja sama dan ide-ide riset penelitian yang bermanfaat bagi peserta, “ tutup Dekan Fakultas Teknik ITP.

Pelaksanaan Webinar Internasional ini akan mengundang lembaga pemerintahan dan mitra Teknik Geodesi ITP dengan sasaran peserta yaitu Mining Industry enthusiast.
So, Level up your knowledge and get a chance to connect with industry leaders and
renowned experts in the International mining industry with Geodetic Engineering Department ITP !!!

Infomasi lebih lanjut dapat diakses pada link di bawah ini :


Created By Widia/Humas