Berita / Akademik /
Prodi Teknik Elektro ITP Bekerja Sama dengan PT. PKTI Gelar Distance Learning, Cetak SDM Kompeten di Bidang Ketenagalistrikan
Humas | 16 November 2023
Foto : Prodi Teknik Elektro ITP
Sebagai wujud komitmen Institut Teknologi Padang (ITP) dalam rangka mendukung pengembangan inovasi berkelanjutan, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik ITP mengadakan Distance Learning bertajuk “Pengenalan Pengoperasian Pembangkitan Listrik Tenaga Uap Berbasis Simulator”. Kegiatan ini adalah bentuk kerjasama PT. Pusat Kompetensi & Teknologi Indonesia (PKTI) dengan ITP yang diadakan secara daring, Rabu (08/11).



Distance Learning ini menghadirkan Assesor Kompetensi Madya Bidang Pembangkit sekaligus Instruktur SimGenics Indonesia, Winoto. Pada kegiatan ini turut hadir Ketua Prodi Teknik Elektro ITP, Andi Muhammad Nur Putra, M.T., Direktur PT.PKTI, Ir. Haryanto Sie, dan para peserta Distance Learning yang terdiri dari Mahasiswa Prodi Teknik Elektro ITP.

Dalam awal pemaparannya, Winoto memperkenalkan metode pelatihan pengoperasian pembangkit listrik berbasis simulator yang semakin berkembang secara masif di Indonesia dalam satu dekade ini. Fenomena Revolusi Industri 4.0 dimana paradigma seluruh proses industri sudah terdigitalisasi untuk menciptakan sistem produksi yang lebih efesien, fleksibel, dan terintegrasi yang dikenal dengan istilah Digital Twins.



Ia menjelaskan Teknologi Operator Training Simulator (OTS) merupakan sistem pembangkit listrik yang berbasis dynamic modelling, Simgenics high-fidelity simulator dengan digital twin technology mampu mensimulasikan aktual proses dari suatu pembangkit tenaga listrik. Simulator ini bertujuan untuk melatih trainee mengkontrol proses dari suatu pembangkit listrik baik dalam kondisi normal ataupun darurat tanpa mempengaruhi aktual “Plant operation”.

Dengan adanya simulator pembangkit ini diharapkan kedepannya Prodi Teknik Elektro ITP dapat melaksanakan pembelajaran mandiri yang memungkinkan melatih mahasiswa untuk memahami sistem pembangkit secara riil dan terintegrasi. Di samping itu, kegiatan Distance Learning ini dapat memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki skill teknis dibidang pembangkit yang mampu mengoperasikan pembangkit (plant operation).

Kegiatan Distance Learning yang dipandu oleh Heru Surya Dharma selaku Marketing PT.PKTI adalah bentuk kerja sama antara industri dan akademisi dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan profesional di bidang ketenagalistrikan. Kerja sama ini sejalan dengan Proyek Strategis Nasional dalam meningkatkan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW.

“Untuk mengakomodasi rencana tersebut, diproyeksikan sebanyak 16.000 kebutuhan SDM yang mumpuni pada tahun 2025. Untuk itu, harapannya kegiatan Distance Learning ini mampu menjadi pusat pembelajaran dalam membentuk SDM yang andal di bidang ketenagalistrikan dan dapat membantu perkembangan industri serta memberikan solusi terhadap permasalahan ketenagalistrikan di Indonesia ,” ujar narasumber.

Created By Widia/Humas