Berita / Akademik /
Torehkan Prestasi Gemilang, Bayu Raih Juara Pertama di Ajang Kompetisi Ink dan Pixel 2024
Humas | 13 Juni 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Kabar membanggakan kembali datang dari Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, Muhammad Maulana Bayu dalam ajang Kompetisi Ink dan Pixel 2024. Kali ini, Bayu berhasil menjadi jawara pada ajang Kompetisi Ink dan Pixel 2024, yang merupakan bagian dari rangkaian acara HMSI Event 2024 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Andalas.


Sukses menaklukan peserta lainnya, Bayu menjelaskan bahwa karya desain poster yang mengantarkan menjadi pemuncak adalah poster yang bertajuk “Dampak Baik AI di Dunia Entrepreneurship”. Dalam karya poster ini bayu mengilustrasikan perbedaan antara Entrepreneurship Modern dengan Entrepreneurship Konvensional.


“Senang dan bangga bisa mewakili ITP dalam ajang kompetisi ini, melalui ajang kompetisi ini saya mendapatkan berbagai pengalaman dan dapat membangun jejaring relasi baru dengan mahasiswa HMSI Unand. Hal ini bertujuan untuk mempererat sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan organisasi HMTI ITP kedepannya ,” ungkap Bayu.

Dalam membuatkan karya poster pada ajang ini, bayu membutuhkan waktu dua hari mengulik informasi dan referensi yang akan menjadi materi poster. Bayu juga memanfaatkan bantuan teknologi-teknologi digital terkini yang menunjang perancangan karya posternya.


Menyambung penuturannya, bayu menjelaskan bahwa dalam membuat karya poster ini ia berfokus pada informasi keterbacaan melalui visual. Dimana sasarannya adalah saat publik melihat desain poster yang ditampilkannya, publik sudah dapat menangkap informasi yang disampaikan melalui visualisasi objek.

“Menurut saya di dalam dunia art creative design jam terbang adalah poin utamanya, semakin sering ia mengasah kemampuan desainnya maka semakin ia paham cara menghasilkan desain yang baik. Selain itu, penting juga bergabung dan berkonsultasi bersama komunitas art creative desain, “ tutur Bayu.


Lebih lanjut, mahasiswa asal Jambi ini mengungkapkan bahwa ini merupakan kali pertamanya mengikuti dan berhasil meraih juara pertama pada ajang kompetisi desain poster. Sebelumnya pada November 2023 lalu, Bayu juga berhasil meraih prestasi sebagai juara 1 dalam lomba UI/UX Design Challenge yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Padang.

“Dalam membuat sebuah karya harus dari hati, merancang karya harus sesuai dengan minat dan passion kita masing-masing. Tidak cukup lagi mahasiswa hanya berkutat di kampus, sekadar mendapat indeks prestasi kumulatif bagus, tetapi harus ditunjang dengan mencari pengalaman guna membantu kita memasuki dunia kerja yang dinamis, “ ujar ia.


Bagi Bayu manajemen waktu adalah sendi penting dalam kehidupan, setiap hari bayu menulis kegiatan-kegiatan apa yang akan dilakukan tiap harinya. Agar setiap pekerjaan tercapai seluruhnya bayu memakai rumus “Kerjakan tugas besok itu hari ini dan kerjakan tugas hari ini sekarang, “.

Terakhir, Bayu mengatakan dengan adanya pencapaian prestasi ini semakin memotivasi dirinya untuk mengikuti lomba-lomba dalam bidang serupa. Bayu juga berharap, agar mahasiswa mau mengeksplor potensi dirinya dan berkarya apapun bidangnya.

 

Created By Widia/Humas