Berita / Akademik /
ITP Akan Gelar Pengukuhan Guru Besar Prof. Maidiawati dalam Rangkaian Dies Natalis ke 51, Perkuat Kontribusi dan Kualitas Pendidikan Sumbar
Humas | 15 Februari 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Dies Natalis ke 51 akan menjadi momentum yang istimewa bagi Institut Teknologi Padang, karena bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ITP ke 51 secara resmi ITP akan menggelar Rapat Senat Luar Biasa sekaligus pengukuhan Guru Besar Kedua ITP, yakni  Prof. Dr. Maidiawati, S.T, M. Eng. Pengukuhan Guru Besar ini menjadi bukti nyata komitmen ITP bertransformasi menuju perguruan tinggi unggul dan berwawasan global.

Eko Kurniawanto Putra, S.Pd., M.T selaku ketua pelaksana Dies Natalis ITP ke 51 mengatakan seremonial pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Maidiawati, S.T, M. Eng merupakan puncak dari rangkaian Dies Natalis ITP ke 51 yang akan digelar pada Rabu (21/02) bertempat di Aula Gedung D Kampus I ITP.

Mengusung tema “Bertumbuh Akademis, Berkembang Profesional”, Dies Natalis ITP ke 51 siap berkontribusi nyata untuk Indonesia. Semangat ini berkobar lewat serangkaian acara Dies Natalis yang dibuka dengan Agenda Employee Day dibalut dalam kegiatan “ITP Sport Day”.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (15/02) bertempat di Kampus I ITP, Rektor ITP Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. MT., IPM mengungkap rasa bangga atas capaian Prof. Maidiawati yang mampu meraih gelar Profesor dalam waktu yang relatif singkat. Menurutnya ini merupakan langkah progresif dalam rangka menggaungkan nama ITP ditengah masyarakat.

“Penambahan Guru Besar di ITP merupakan kado terindah dalam perayaan Dies Natalis ITP ke 51 ini, harapannya dengan adanya penambahan Guru Besar ini semakin memperkuat kualitas ITP menjadi perguruan tinggi pencetak teknokrat yang unggul dan mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional ,” ungkap Rektor.


Lebih lanjut, Rektor berharap seremonial pengukuhan Guru Besar dapat meningkatkan citra positif ITP dimata publik dan memberikan dorongan bagi transformasi pendidikan di Sumatera Barat dan Indonesia. Selain itu, acara pengukuhan ini bertujuan memberikan motivasi untuk lahirnya Guru Besar rumpun keilmuan lain di lingkungan ITP.


Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. Maidiawati, S.T, M. Eng mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh ITP. Menurutnya capaian jenjang jabatan akademik tertinggi dosen ini merupakan hasil yang yang tidak mudah untuk dicapai.

“Gelar Guru Besar ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dicapai, dibutuhkan keuletan yang tinggi dan usaha yang lebih untuk senantiasa berkarya. Capaian ini tidak terlepas dari uluran tangan Allah SWT dan sivitas akademika ITP ,” ujar Prof. Maidiawati.

Lulusan Program Magister dan Doktoral Toyohashi University Of Technology Japan ini diangkat sebagai Guru Besar di bidang Struktur Beton Bertulang dan Dinding Masonry yang merupakan fokus riset penelitian beliau.

Konferensi pers turut dihadiri oleh Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D dan Wakil Rektor II, Yusreni Warmi, Dr. Eng.

Created By Widia/Humas