Berita / Akademik /
Bangga, Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan ITP Raih Prestasi Gemilang di Ajang Kompetisi Sains Nasional Tahun 2024
Humas | 30 Januari 2024
Foto : Humas ITP

Institut Teknologi Padang buktikan kualitas unggul mahasiswanya melalui capaian prestasi membanggakan di kancah nasional. Zukri Popi Manila, mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan ITP berhasil meraih peringkat 7 Tingkat Nasional pada ajang Jenius Science Competition 3.0 Tahun 2024 kategori Mata Pelajaran Biologi jenjang Mahasiswa yang diselenggarakan oleh PT. Jenius Sains Indonesia.

Jenius Science Competition merupakan kompetisi Sains yang mengujikan tiga bidang studi yaitu Matematika, Biologi, dan Bahasa Inggris yang diikuti oleh delegasi mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang tersebar diseluruh Indonesia. Kompetensi ini dilaksanakan secara daring dengan durasi waktu satu jam dan 25 butir soal per bidang.

Zukri selaku delegasi dari ITP mengaku gemar mengikuti berbagai olimpiade sains sejak SMA dan sudah sering meraih prestasi baik ditingkat regional maupun nasional. Zukri mengatakan bahwa ia mendapatkan informasi perlombaan dari media sosial seperti Instagram dan Telegram, serta dari teman online yang berasal dari perguruan tinggi dan provinsi berbeda.

“Saya memiliki teman-teman yang saling memberikan informasi perlombaan, baik mata pelajaran biologi maupun mata pelajaran sains lainnya. Untuk perlombaan ini saya mendapatkan informasi pada bulan desember 4 minggu sebelum pelaksanaan lomba, sehingga saya memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri mengikuti perlombaan , “ ujar Zukri.

Zukri memiliki tekad yang kuat dalam mengikuti berbagai perlombaan, menurutnya sebagai seorang penerima beasiswa Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, ia memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk menghasilkan karya dan mengukir prestasi. Selain itu, motivasinya dalam mengikuti perlombaan adalah mencoba hal-hal baru dan menambah value atau kualitas diri.


Mahasiswa asal Kabupaten Pesisir Selatan ini mengungkapkan rasa senang dan bangganya, karena upaya dan ketekunannya dalam mempersiapkan lomba telah membuatnya mampu bersaing dengan ratusan peserta dari seluruh penjuru Indonesia, hingga ia berhasil meraih prestasi yang membanggakan.

Mengutip pernyataan Direktur Jenius Competition, Minda Sari Pulungan, S.Kom bahwa penyelenggaraan ajang Jenius Science Competition adalah dalam rangka pembangunan nasional melalui peningkatan mutu pendidikan sains pada pelajar di Indonesia secara komprehensif. Disamping itu, ajang ini bertujuan menumbuhkan budaya belajar, kreatifitas, dan motivasi meraih prestasi yang terbaik bagi pelajar.

Sementara itu, saat ditemui dalam kesempatan berbeda Ketua Prodi Teknik Lingkungan ITP, Dr. Herix Sonata MS, M.Si menyampaikan apresiasi atas prestasi membanggakan yang berhasil dicapai oleh Zukri. Ia berpesan untuk mahasiswa agar tetap semangat dalam berkontribusi untuk tetap berkarya dan berprestasi di bidang yang diminatinya.

“Zukri merupakan salah satu mahasiswa yang beberapa kali konsisten mengikuti berbagai perlombaan dan berhasil meraih prestasi yang gemilang. Prestasi ini lahir dari hasil kerja keras mahasiswa, saya selaku ketua Prodi selalu mendukung dan mendorong para mahasiswa agar dapat aktif mengikuti beragam kompetisi untuk mengasah dan meningkatkan potensi mereka, “ ucap ia.

Selamat untuk Zukri dan Prodi Teknik Lingkungan ITP, Prestasi ini menjadi bukti bahwa bersama ITP para mahasiswa didorong untuk meraih prestasi terbaik. Sehingga, lulusan ITP memiliki daya saing yang tinggi dan siap menjadi profesional yang berdampak di bidangnya.

Created By Widia/ Humas