Berita / Akademik /
7 Tips Sukses Hadapi UAS Versi Mahasiswa Institut Teknologi Padang
Humas | 19 Januari 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Berdasarkan kalender akademik Institut Teknologi Padang (ITP), pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024 dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 22 Januari 2023 hingga tanggal 03 Februari 2023. Ujian akhir adalah momen penting bagi mahasiswa untuk evaluasi pembelajaran selama satu semester.

Namun, seringkali mahasiswa merasa bingung dan tidak siap dalam menghadapi UAS, oleh karena itu persiapan yang tepat menjadi kunci sukses untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut tujuh tips menghadapi UAS versi mahasiswa ITP!

Tips Menghadapi UAS versi mahasiswa ITP:

1. Periksa Persyaratan Ujian
Mahasiswa harus memperhatikan perlengkapan dan dokumen yang diperlukan saat memasuki ruang ujian, seperti mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian yang merupakan syarat untuk mengikuti ujian. Kartu Tanda Peserta Ujian mahasiswa ITP dapat diunduh pada laman sisfo mahasiswa.

2. Kenali dan tentukan metode belajar yang efektif
Mahasiswa memiliki gaya belajar yang beragam, pilihlah metode belajar yang tepat agar memudahkan penguasaan materi yang akan diujikan. Ada empat metode belajar yang bisa kamu pilih yaitu metode belajar visual, auditory, read/write, dan kinestetik.

3. Belajar dengan cerdas
Mahasiswa perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan belajar, mahasiswa perlu mengubah pola fikir yang awalnya belajar dengan keras menjadi belajar dengan cerdas. Mahasiswa dapat menerapkan beberapa cara belajar ini, yaitu merencanakan rencana studi dengan menyicil dan merangkum materi, memahami konsep dari materi yang diberikan, dan mempertajam analisis dengan terus berlatih dengan soal tahun lalu.


4. Gunakan aplikasi pendukung untuk membantu saat belajar
Di era digitalisasi saat ini, ada banyak aplikasi dan platform yang menunjang kegiatan pembelajaran yang dapat diakses secara online. Aplikasi tersebut menawarkan berbagai fitur mulai dari belajar melalui video animasi, latihan soal, bahkan persiapan untuk menghadapi berbagai ujian, diantaranya Notion, Google Cendekia, dan Grammarly.

5. Rencanakan jadwal belajar dengan bijak
Dalam mempersiapkan ujian akhir, sebaiknya mahasiswa membuat jadwal belajar yang efektif dan efisien untuk membantu mahasiswa mengidentifikasi konsep-konsep kunci dan materi yang paling penting. Fokuskan waktu dan usaha pada pemahaman mendalam terhadap topik-topik tersebut.

6. Buat suasana belajar yang nyaman dan suportif
Suasana belajar yang nyaman akan membantumu meningkatkan fokus dan menyerap materi pembelajaran lebih cepat. Selain itu mahasiswa juga dapat membuat kelompok belajar untuk menciptakan metode pembelajaran yang lebih variatif.

7. Beristirahat dengan bijak dan jaga kesehatan
Poin yang paling penting dan kerap dilupakan yaitu kesehatan tubuh, makan dengan teratur dan konsumsi makanan bergizi adalah aspek yang perlu diperhatikan. Disamping itu, jangan lupa untuk selalu beristirahat dengan waktu yang cukup.

Hasil yang optimal datang dari usaha yang maksimal. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan !

Created By Widia/Humas