Berita / Akademik /
Wujudkan Kampus Ramah Disabilitas, ITP Terima Kunjungan Anggota Pramuka Luar Biasa Indonesia
Humas | 12 Januari 2024
Foto : Humas ITP
Kepala Biro Pusat Layanan Terpadu Institut Teknologi Padang, Hamdi Habdillah, M.Kom bersama Kepala Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP, Anna Syahrani, M. Eng menyambut hangat kedatangan salah seorang Anggota Pramuka Luar Biasa (APLB) penyandang Tuna Rungu Indonesia, Muhammad Rusli di ruang PLT ITP, Kamis (11/01).

Kunjungan Rusli ke ITP merupakan rangkaian perjalanan di Kota Padang dan merupakan bagian perjalanan keliling Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas jalinan silaturahmi, menambah wawasan, dan pengetahuan tentang keragaman Indonesia, di samping itu misi perjalanan ini dapat mengangkat citra positif Gerakan Pramuka.

Rusli selaku Pembina Pramuka Tuna Rungu Kwartir Ranting Makassar menyampaikan ia memulai perjalanan pada 02 Agustus 2015, dan telah berkunjung ke lebih dari 30 Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia dengan mengendai sepeda motor.

Dalam kunjungannya, Rusli telah berkunjung ke berbagai lembaga pemerintahan, satuan pendidikan, dan perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Rusli juga memperlihatkan beberapa bukti dokumentasi dan keterangan dari beberapa kantor dan instansi yang pernah dikunjungi.

Dialog atau percakapan hanya bisa dilakukan secara tertulis dan sesekali dengan bahasa isyarat menggunakan gerakan tangan. Meskipun begitu, sebagai penyandang tuna rungu juga tuna wicara ia tetap semangat dan selalu menjawab pertanyaan yang diberikan dengan baik.



Dari dialog yang terjalin saat diwawancarai secara tertulis oleh Ka. Biro PLT ITP dan Ka. Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP, Rusli menyampaikan di Kota Padang saat ini menginap di Asrama TNI AU Kota Padang dan dalam empat hari ke depan akan berangkat menuju Kota Banda Aceh.

Dialog cukup istimewa yang berlangsung kurang lebih 30 menit diakhiri foto bersama dan penyerahan Surat Keterangan dan ucapan selamat sebagai dukungan dari ITP untuk Anggota Pramuka Luar Biasa (APLB) penyandang Tuna Rungu Indonesia.

“Terima kasih atas kunjungannya, semoga bapak dapat menyelesaikan perjalanan keliling Indonesia dengan baik, semoga selamat kembali sampai tujuan ,” ujar Ka. Biro PLT ITP.

Ka. Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP menuturkan ITP sebagai perguruan tinggi sangat terbuka terhadap seluruh lapisan masyarakat guna memberikan pelayan publik yang inklusif. Ia menambahkan ITP juga terus bersinergi dengan pemerintah dalam peningkatan akses pendidikan tinggi bagi penyandang disabilitas.


Created By Widia/Humas