Berita / Akademik /
ITP Gelar Wisuda ke 79, Luluskan 223 Generasi Unggul yang Siap Berkarya Bangun Negeri
Humas | 06 Desember 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid
Rektor Institut Teknologi Padang (ITP), Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. MT., IPM resmi melantik sebanyak 223 lulusan Program Sarjana dan Diploma pada pelaksanaan wisuda semester gasal Tahun Akademik 2023/2024 Minggu, (03/12) bertempat di Grand Ballroom The ZHM Premiere (Grand Zuri Hotel). Dalam momentum bahagia ini, ITP mengukuhkan 196 lulusan Program Sarjana dan 27 lulusan Ahli Madya.



Rektor ITP, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studi di ITP dengan gemilang dan meraih gelar akademis jenjang Sarjana dan Diploma. Sebanyak 34 Wisudawan memperoleh predikat pujian, dengan IPK tertinggi yaitu 3, 91 diraih oleh Salsabilla Rizki Hidayati dari Program Studi Teknik Geodesi Sarjana.



“Saya mewakili institusi mengucapkan selamat kepada wisudawan, dan yang teristimewa kepada orang tua dan keluarga yang sudah mendampingi anak-anak kita selama perjalanan akademiknya. Tentu, gelar bukanlah puncak pencapaian ananda tetapi jadi awalan bagi langkah pengembangan pengetahuan untuk menghadapi tantangan kedepan ,” ujar Rektor.



Rektor menegaskan bahwa pesatnya pengembangan pengetahuan di era disrupsi menuntut setiap individu memiliki karakter responsif, adaptif, memupuk sikap kerja kolaboratif, serta fleksibel dalam menyongsong perubahan ekosistem global. Lulusan ITP diharapkan dapat menjadi sosok yang berdampak luas bagi kehidupan masyarakat.



Menurut Rektor ITP, para wisudawan diharapkan memiliki Agile thinking ability dan digital skills menjadi sebuah kebutuhan untuk menyongsong peradaban teknologi masa depan. Di sisi lain lulusan ITP diharapkan mampu bersikap inovatif, berintegritas, dan berbudi pekerti dalam memecahkan permasalahan sosial masyarakat di tengah situasi percepatan perubahan peradaban global.

Rektor berpesan agar wisudawan tetap menjaga nama baik serta rasa cinta terhadap almamater dan selalu berpegang pada kebenaran dan selalu berpihak pada kepentingan bangsa. Rektor menambahkan alumni merupakan representasi ITP di masyarakat, dimana sikap dan perilaku lulusan ITP akan menjadi cerminan ITP dimata publik, sehingga Rektor berharap lulusan dapat mengamalkan ilmu dalam profesi bidang keilmuannya secara lebih bertanggung jawab dan berkualitas.



Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Ampri Satya, S.E., M.M. mengungkapkan rasa bangga dan perhargaan tertinggi kepada para wisudawan dan orangtua.



“Salah satu yg menarik pada pelaksanaan wisuda ITP ke-79 ini, terdapat beberapa wisudawan yang berhasil mendapatkan pekerjaan sebelum diwisuda. Untuk itu, alhamdulillah dengan rasa bangga saya memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada Bapak, ibu orang tua yang telah berhasil menghantarkan putra/i tercinta ke pintu gerbang kesuksesan, “ ungkap ia.



Ia menuturkan Yayasan Pendidikan Teknologi Padang berkomitmen terus mendukung ITP dalam pengembangan pendidikan yang unggul dan berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan pengembangan sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia, serta memperkuat Teknologi Informasi selaras dengan perkembangan era digitalisasi dan rencana pembangunan strategis nasional menuju Indonesia Emas 2045.



“Berbagai program yang dilaksanakan di ITP tidak lepas dari usaha kami untuk menghasilkan lulusan yang bukan hanya memiliki kompetensi dibidang akademik akan tetapi juga kematangan pribadi dan kesiapan untuk terjun ke dunia kerja ,” tutur ia.



Perhelatan Wisuda ITP kali ini terbilang cukup spesial, karena dihadiri oleh mitra-mitra perbankan yang memberikan apresiasi berupa reward kepada wisudawan/wati peraih IPK terbaik, diantaranya Bank Nagari Syariah Cabang Padang, Bank Rakyat Indonesia KC Khatib Sulaiman, dan Bank Syariah Indonesia KC Imam Bonjol Padang.

Created By Widia/Humas