Berita / Akademik /
Kunjungan Studi SMKN 2 Pekanbaru, Prodi Teknik Geodesi ITP Buka Ruang Edukasi Informasi Geospasial
Humas | 15 November 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid
Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Padang (ITP) menerima kunjungan studi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru pada Selasa (14/11). Dalam kunjungan ini, peserta terdiri dari Kepala Program Keahlian, Guru, serta Siswa Teknik Geospasial dengan Kompetensi Keahlian Teknik Geomatika SMKN 2 Pekanbaru dan diterima langsung oleh Rektor ITP didampingi oleh Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP bertempat di Aula Tertutup Gedung D Lantai II Kampus I ITP.



Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. MT., IPM menyambut hangat kunjungan studi yang dilakukan oleh SMKN 2 Pekanbaru. Ia menyampaikan ini merupakan momentum untuk sharing ilmu, informasi perkembangan teknologi terkini dan menjaga silaturahmi antarsatuan pendidikan.

“Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan dari SMKN 2 Pekanbaru, Prodi Teknik Geodesi merupakan Prodi yang memiliki daya serap lulusan yang cukup tinggi serta memiliki sektor lapangan pekerjaan yang sangat luas dan variatif. Prodi Teknik Geodesi ITP sangat dinamis dalam mengikuti perkembangan teknologi yang selaras dengan bidang keilmuannya, karena selanjutnya masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh wawasan Teknologi Informasinya,” papar Rektor.



Menurut Rektor kunjungan studi ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan sistem perkuliahan di ITP. Harapannya usai melakukan kunjungan ke ITP para siswa dapat memperoleh referensi program studi dan perguruan tinggi untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi.

“Kunjungan studi ini merupakan langkah yang baik dalam rangka meningkatkan sinergi dan kolaborasi antarsatuan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang relevan dan professional. Para peserta kunjungan studi ini merupakan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045, dimana mereka yang akan menjadi pilar pembangunan Indonesia,” ucap Rektor.



Pada kesempatan ini Rektor ITP didampingi oleh Ka. Prodi beserta jajaran dosen Teknik Geodesi ITP saling bertukar plakat dengan Kepala Program Keahlian dan guru Teknik Geospasial dengan Kompetensi Keahlian Teknik Geomatika SMKN 2 Pekanbaru sebagai bentuk kenang-kenangan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Program Keahlian Teknik Geospasial dengan Kompetensi Keahlian Teknik Geomatika SMKN 2 Pekanbaru, Kamal Majdi, S.Pd. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang diterima dan menyampaikan tujuan utama berkunjung ke ITP adalah untuk menambah wawasan serta memberikan motivasi kepada siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

“Harapannya silaturahmi antara ITP dan SMKN 2 Pekanbaru tidak berhenti disini, akan kita adakan berbagai program kerja sama seperti pelatihan, magang, dan kegiatan akademik lainnya, demi mengingkatkan kualitas akademik institusi,” ungkap ia.

Selanjutnya Ka. Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, M.T. memberikan pengenalan profil Prodi Teknik Geodesi ITP, agar para siswa dapat lebih dekat mengenal Teknik Geodesi ITP dan ke depannya tertarik untuk menempuh studi di Teknik Geodesi ITP.



Rombongan SMKN 2 Pekanbaru selanjutnya diarahkan menuju Kampus II ITP untuk berkeliling melihat infrastuktur dan fasilitas yang dimiliki Teknik Geodesi ITP. Pada kesempatan ini rombongan SMKN 2 Pekanbaru diperkenalkan pada Laboratorium Komputer Geomatika dengan dipandu oleh tenaga kependidikan Teknik Geodesi ITP yang menjelaskan fungsi dan manfaat dari fasilitas yang ada.



Selanjutnya perwakilan mahasiswa Prodi Teknik Geodesi ITP mempresentasikan dan demo beberapa alat survei, di antaranya alat Theodolite yang merupakan alat ukur tinggi tanah, GNSS type Geodetik RTK, Waterpass, Total Station, dan Teknologi Drone. Acara ditutup dengan pembagian doorprize yang dimenangkan oleh 4 siswa SMKN 2 Pekanbaru dan sesi foto bersama.



“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, guru, dan siswa Program Keahlian Teknik Geospasial dengan Kompetensi Keahlian Teknik Geomatika SMKN 2 Pekanbaru. Kompetensi yang diberikan memperkuat pengetahuan terkait bidang Teknik Geospasial, “ tutup Kepala Program Keahlian Teknik Geospasial SMKN 2 Pekanbaru.

Created By Widia/Humas