Berita / Akademik /
Dua Tim Prodi Teknik Informatika ITP Berpartisipasi dalam Hackathon Nasional PNP Tahun 2023, Gagas Produk Digital yang Inovatif dan Kreatif
Humas | 10 November 2023
Foto : Muhammad Maulana Bayu
Sebanyak 10 orang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Padang (ITP) mengikuti kompetisi Hackathon Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Politeknik Negeri Padang (PNP) ke 36, pada Sabtu hingga Minggu, 04-05 November 2023 bertempat di Gedung PKM PNP. Kompetisi ini bertujuan menggali potensi ide solusi digital dari peserta untuk mengembangkan proyek perangkat lunak untuk menjawab isu strategis di era revolusi industri 4.0.

Dalam penyelenggaraan Hackathon Nasional Tahun 2023 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) CYBERTECH mengangkat tema “Building Communities Through Digital Solutions” dengan bentuk kompetisi ngoding bareng 24 jam Non stop. Pada kesempatan ini ITP mengutus dua tim yang berasal dari Prodi Teknik Informatika Angkatan 2021 dan 2022 yang diberi nama HMTI KM-ITP 1 dan HMTI KM-ITP 2.



Kedua Tim ini dibimbing oleh Anisya, M.Kom selaku dosen pengampu pada mata kuliah perancangan web, ia berperan mengulas hingga memberi masukan terkait rancangan konsep perangkat lunak tiap-tiap tim. Ia mengapresiasi kinerja kedua tim yang telah bekerja keras selama perlombaan dan mengatakan ini merupakan langkah baik bagi mahasiswa untuk mendorong kreativitas, inovasi dan kolaborasi.

“Sebagai tindak lanjut dari partisipasi kedua tim yang mengikuti kegiatan Hackathon, saya mengarahkan kedua tim untuk mengoptimalkan masing-masing rancangan websitenya dan kedepannya kita akan mengusulkan untuk mendaftarkan Hak Cipta karya mahasiswa ,” ucap ia.



Muhammad Maulana Bayu salah satu anggota tim HMTI KM-ITP 1 menyebutkan mengacu pada tema yang diusung panitia, ia bersama tim mengembangkan website yang diberi nama “Konekin”. Konekin merupakan platform berbasis website yang berperan dalam mempertemukan user dengan komunitas yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Ide ini dipilih karena selama ini banyak generasi muda yang masih kesulitan untuk menemukan organisasi atau komunitas yang dapat membantunya dalam mengembangkan potensi dirinya. Harapannya website ini dapat menjadi solusi efisien bagi user dengan memanfaatkan gawai, pengguna dapat terhubung dengan berbagai komunitas yang tersedia dalam website” ujar Bayu.



Ia menjelaskan, dalam pengerjaannya peran tiap anggota dibagi rata diantaranya bertanggung jawab dalam membuat Design UI/UX dan bertugas sebagai Engineer and Developer. Bayu menceritakan proses persiapan tim ITP sudah dimulai sejak seminggu sebelum pelaksanaan lomba, ia bersama tim menggali ide dan konsep berdasarkan data yang telah dihimpun dalam diskusi intensif tim.



Di sisi lain, Muhammad Aqil Zaki selaku anggota tim HMTI KM-ITP 2 menghadirkan solusi digital yang diberi nama Studyty, yaitu wadah online yang membantu komunitas untuk saling terhubung yang bertujuan sebagai media pembelajaran dan ruang diskusi antarkomunitas dan user. Ia mengungkapkan alasan ia bersama teman-temannya tertarik dalam ajang kompetisi ini adalah dalam rangka menambah pengalaman dan pengetahuan terkait bidang perancangan web.



Ketua Prodi Teknik Informatika ITP, Eva Yulianti, M.Cs menyampaikan rasa bangga atas inisiatif mahasiswa untuk turut serta dalam kompetisi di luar kampus. Ia menuturkan ini merupakan bagian program kerja dari Prodi, dimana mahasiswa ikut berkompetisi dalam skala Regional dan Nasional.

“Prodi Teknik Informatika ITP sangat mendukung seluruh prestasi dan kegiatan akademik yang diikuti oleh mahasiswa, lebih lanjut Prodi juga turut menfasilitasi berbagai kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa sesuai alokasi anggaran yang ada, “ tutur ia.



Ka.Prodi Teknik Informatika ITP berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memacu semangat dan komitmen mahasiswa ITP untuk mengikuti berbagai kompetisi, baik akademik maupun non akademik dalam rangka mencetak lulusan yang relevan dan berdaya saing.

TIM 1 - Konekin
1.Muhammad Maulana Bayu
2.Muhammad Ramvi Saputra
3.Azwar Yusuf
4. Vero Agrisanda
5. Ahmad Erlan Saputra

TIM 2 - Studyty
1. Kifatul Najmi
2.muhammad aqil zaki
3.imam albana
4.bela descapritalia
5.muhammad rasyid al ridho lubis

Created By Widia/Humas