Berita / Akademik /
ITP Terima Kunjungan Industri SMK Pembangunan Bukittinggi, Bangun Sinergi Ciptakan Iklim Pendidikan yang Saling Terintegrasi
Humas | 08 November 2023
Foto : Humas ITP
Institut Teknologi Padang (ITP) menerima kunjungan dari SMK Pembangunan Bukittinggi pada Rabu (08/11) bertempat di ruang Kepala Labor Teknik Mesin ITP. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari penjajakan kerja sama yang disepakati oleh ITP dan SMK Pembangunan Bukittinggi yang dituangkan dalam Memorandum of Understanding.

Program ini digagas oleh Kepala Sekolah SMK Pembangunan Bukittinggi, Firman Rusydi, S.Pd., M.T. yang bertujuan sebagai ajang pertukaran ilmu, menambah informasi, serta menyambung tali silaturahmi. Dalam kesempatan ini tim dari SMK Pembangunan Bukittinggi disambut oleh Kepala Labor Teknik Mesin ITP, Dr. Dedi Wardianto dan salah seorang dosen Teknik Mesin Diploma ITP, Mastariyanto Perdana, M.Eng.



Kepala Sekolah SMK Pembangunan Bukittinggi menuturkan bahwa kunjungan ini merupakan upaya untuk menjalin sinergi antarjenjang dalam rangka mendorong peningkatan pendidikan di Indonesia. Selain itu, melalui kegiatan ini sekolah dapat menggali informasi dan mengenal sistem pendidikan, atmosfir akademik, dan kegiatan mahasiswa dilingkungan ITP.

“Harapannya dengan adanya informasi yang diberikan oleh ITP dapat menjadi bekal bagi SMK Pembangunan Bukittinggi dalam peningkatan tata kelola sekolahnya. Lebih lanjut, ini merupakan aktualisasi dari program pemerintah yaitu sinergi dan kolaborasi antar satuan pendidikan dalam menciptakan iklim pendidikan yang saling terintegrasi ,” ujar Kepala Sekolah.

Dr. Dedi Wardianto selaku perwakilan dari ITP menyambut baik jalinan kerja sama ini, menurutnya kedepan akan lebih banyak lagi kolaborasi dan kegiatan yang terbagun antara ITP dan SMK Pembangunan Bukittinggi baik dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat.



Bersama kepala sekolah turut hadir lima orang guru dari SMK Pembangunan Bukittinggi, para guru sangat antusias dalam sesi tanya jawab bersama pihak dari ITP meliputi Prodi-Prodi unggulan di ITP dan ruang lingkup kerja sama yang akan dilaksanakan. Kunjungan dilanjutkan dengan campus tour ke Laboratorium Teknik Mesin ITP yang disambut oleh Arif Ma’sum, S.T. selaku Teknisi dan Hafni,S.T., M.T. selaku dosen Teknik Mesin Diploma ITP.



Hafni menjelaskan Laboratorium Teknik Mesin ITP merupakan laboratorium yang berfungsi sebagai pusat pembelajaran praktis dan eksperimental yang dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk riset dan melaksanaan kegiatan pratikum sebagai penerapan teori yang didapatkan selama perkuliahan. Tak hanya itu, Hafni juga menjelaskan beberapa inovasi produk teknologi yang dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa Teknik Mesin ITP.



Acara kunjungan ini diharapkan dapat memberikan gambaran positif akan Kampus ITP, serta menjadi langkah awal terjalinnya kolaborasi antara SMK Pembangunan Bukittinggi dengan ITP. Acara kunjungan ini ditutup dengan sesi foto bersama perwakilan dari ITP dan Tim dari SMK 1 Pembangunan Bukittinggi didepan Laboratorium dan Workshop Teknik Mesin ITP.

Created By Widia/Humas