Berita / Akademik /
BEM-KM dan Ormawa ITP Gelar Sosialisasi, Ajak Mahasiswa Kenali Minat Bakat dan Tingkatkan Prestasi Lewat Organisasi
Humas | 02 November 2023
Foto : Humas ITP
Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) bersama seluruh Organisasi kemahasiwaan di lingkungan Institut Teknologi Padang (ITP) terus berkomitmen dalam menggali potensi diri dan meningkatkan prestasi mahasiswa. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan sosialisasi pentingnya organisasi bagi mahasiswa ITP angkatan Tahun 2023.



Sosialisasi ini digelar selama dua hari pada Selasa hingga Rabu, 31 Oktober – 1 November 2023 bertempat di Aula Tertutup Gedung D Kampus I ITP dan Lorong Lantai 2 Gedung Vokasi Kampus II ITP. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pengisian form pendaftaran UKM yang dibagikan pada kegiatan PKKMB ITP beberapa waktu lalu, yang bertujuan untuk memotivasi dan mendorong mahasiswa untuk aktif berorganisasi.



Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. M.T., IPM mengajak seluruh mahasiswa angkatan Tahun 2023 untuk turut aktif dalam berbagai kegiatan UKM dan Kemahasiswaan yang ada di ITP. Ia menegaskan pendidikan karakter adalah aspek penting dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0, penguatan pendidikan karakter senantiasa beririsan dengan pendidikan akademik guna menciptakan generasi unggul Indonesia.



“Mari kita beroganisasi dan berdiskusi guna mengasah kemampuan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Sebagai langkah dalam mengembangkan kapasitas diri perlu adanya kontribusi aktif mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan softskill dan hardskill yang dapat digali lewat UKM yang ada di lingkungan ITP,” ujar Rektor.



Rektor ITP menuturkan harapannya bahwa dengan adanya pelaksanaan sosialisasi ini dapat memotivasi mahasiswa untuk turut aktif dalam menciptakan ekosistem kampus yang bermutu dan berkualitas. Rektor menambahkan ITP memberikan ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya.



“Menjadi dewasa disaat muda adalah soal pengalaman segar yang mengarahkan kita menjadi pionir bermental baja, membakar batas dan menebar kreativitas. Jadilah anak muda yang menyala dan membahana melalui organisasi dan prestasi, “ ucap Rektor.



Dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Komunikasi ITP, Afif Zirwan, M.Kom menjelaskan tentang sistem penilaian aktivitas ekstrakurikuler mahasiswa berbasis digital, sebagai bentuk pengakuan prestasi pengembangan kegiatan dalam proses penilaian non akademik mahasiswa dengan beban kegiatan yang dinyatakan dalam nilai Satuan Kredit Kegiatan (SKK).



Lebih lanjut, ia menyebutkan kemampuan softskill adalah modal bagi generasi muda untuk meningkatkan kualitas dirinya, menambah wawasan, dan jejaring relasi yang membantu mahasiswa dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman. Ia berharap mahasiswa dapat terus mengeksplor dan merancang masa depan mereka selama berkuliah di ITP.



“Mahasiswa harus menanamkan pola fikir untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi dibidang akademik, keren dalam berorganisasi, berkarakter positif, dan terampil. Mari kita ramaikan ITP dengan kegiatan yang positif dan iklim pendidikan yang berprestasi dan berkualitas, “ tutup ia.



Pada rangkaian sosialisasi hari kedua diisi dengan penyampaian motivasi yang disampaikan oleh Dr. Herix Sonata, MS., M.Si selaku Ketua Program Studi Teknik Lingkungan ITP. Pada setiap akhir sesi sosialisasi, mahasiswa berkesempatan untuk sesi tanya jawab dan diskusi dengan masing-masing pemateri.

Created By Widia/Humas