Berita / Akademik /
Hadapi Industri 4.0 Bidang Geospasial Prodi Teknik Geodesi ITP Gelar Visiting Lecturer Hadirkan Pakar Fotogrametri UGM
Humas | 30 Oktober 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid dan Tim Dokumentasi Teknik Geodesi

Dalam menghadapi era digital yang semakin kompleks dan penuh tantangan, Program Studi Teknik Geodesi Institut Teknologi Padang (ITP) menggelar acara yang penuh inspirasi yakni visiting lecture dengan menghadirkan pakar Fotogrametri Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. Ir. Harintaka, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng pada Senin (30/10) di Aula Gedung D Kampus 1 ITP. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang perkembangan teknologi geospasial dan memberikan motivasi bagi mahasiswa.


Acara dimulai dengan sambutan dari Prof. Maidiawati, Dr. Eng. selaku Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Maidiawati mengucapkan terima kasih atas kehadiran Dr. Harintaka ke ITP, serta menyampaikan kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan pemahaman akademis mahasiswa terutama dalam teknologi geospasial dan merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Pelaksanaan visiting lecture adalah langkah penguatan kerja sama antara ITP dengan UGM dan diharapkan dapat memberikan gagasan ide terkait penelitian, publikasi bersama, dan berbagai kegiatan penunjang akademik lainnya. Harapannya mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali informasi dan ilmu pengetahuan baru untuk kemajuan Prodi Teknik Geodesi ITP kedepannya,” ujar. Prof.Maidiawati.


Kegiatan pemaparan materi dipandu oleh dosen Teknik Geodesi ITP, Ilham Armi, M. T. diawali dengan perkenalan profil pemateri yang merupakan akademisi dan peneliti dari UGM dengan bidang keahlian Fotogrametri, Penginderaan Jauh, Geomatika, dan Surveying. Dr. Ir. Harintaka, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng selaku pemateri membawakan topik menarik, yaitu "Status dan Perkembangan Teknologi Fotogrametri di Indonesia".


Dalam pemaparan materi, Dr. Harintaka membahas perkembangan teknologi Fotogrametri yang telah memasuki era Computer Vision, dimana pengambilan data spasial dan informasi deskriptif dilakukan secara otomatis menggunakan multi-sensor data atau sistem. Lebih lanjut ia menjelaskan tentang konsep, prinsip esktraksi data geospasial, dan product Fotogrametri.



Dr. Harintaka juga menyampaikan terkait instrumen kurikulum yang berkaitan dengan bidang Fotogrametri, Resource dan Pendidikan Fotogrametri di Indonesia, dan keahlian yang merupakan ruang lingkup Fotogrametri. Menurutnya keahlian Fotogrametri harus diikuti dengan keahlian coding dan programming guna menghasilkan data yang akurat dan presisi.



Pada akhir pemamaparannya Dr. Harintaka menjelaskan Trend Fotogrametri masa depan meliputi Otomatisasi (Robotik, IoT, AI), berbasis web atau crowd, teknologi visualisasi, dan kolaborasi antar bidang keahlian. Ia juga menerangkan beragam aplikasi penerapan Fotogrametri dalam pengambilan data geospasial, diantaranya 3D Modelling (GeoBIM) dengan Lidar dan Pembuatan Model 3D Bangunan loD3 dengan Pemanfaatan Foto Udara dan Fotogrametri Jarak Dekat.


Salah satu aspek yang sangat penting dari acara visiting lecture ini adalah sesi diskusi, dimana mahasiswa dan dosen memiliki kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan pemateri.


Terakhir acara visiting lecture Prodi Teknik Geodesi ITP ditutup dengan pemberian cinderamata oleh Dekan Fakultas Teknik ITP, Prof. Maidiawati, Dr. Eng dan sertifikat dan oleh Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, M.T kepada narasumber. Pada kegiatan ini Dr. Harintaka berkesempatan untuk mengunjungi Kampus II ITP di Jalan DPR ByPass Air Pacah Padang.


Kegiatan visiting lecture ini merupakan bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Prodi Teknik Geodesi ITP Tahun 2023, di samping itu penyelenggaraan visiting lecture ini merupakan wujud nyata dari komitmen Prodi Teknik Geodesi ITP dalam menghadirkan pengalaman belajar relevan dan berkualitas, mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi perkembangan zaman yang dinamis, serta memperkuat kontribusi ITP dalam penerapan teknologi geospasial dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia.




Created By Widia/Humas