Berita / Akademik /
Mahasiswa Prodi Teknik Geodesi ITP Berhasil Lulus Program Pertukaran Mahasiswa, Tingkatkan Khazanah Kebudayaan dan Perluas Wawasan Akademik
Humas | 11 Agustus 2023
Foto : Dwi Arini, M.T.

Delapan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Geodesi Institut Teknologi Padang (ITP) dinyatakan lulus seleksi program Pertukaran Mahasiswa di tiga perguruan tinggi di Indonesia pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Program Pertukaran Mahasiswa Prodi Teknik Geodesi ITP merupakan akselerasi implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bersama tiga perguruan tinggi mitra ITP, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pakuan Bogor (UNPAK), dan Institut Teknologi Nasional (ITENAS).

Program Pertukaran Mahasiswa ini merupakan program yang diusung Ditjen Diktiristek dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar perguruan tinggi asal selama satu semester. Rencananya, peserta program Pertukaran Mahasiswa ke UGM dijadwalkan berangkat pada 13 Agustus 2023, sedangkan peserta program Pertukaran Mahasiswa ke UNPAK dan ITENAS dijadwalkan berangkat pada bulan September 2023 disesuaikan dengan kalender akademik perkuliahan perguruan tinggi penerima.

Melalui Program Pertukaran Mahasiswa ini, diharapkan tercipta ruang jumpa yang dinamis antara mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi melalui kegiatan akademik dan non-akademik tentang keberagaman dan sikap saling memahami. Sehingga, mahasiswa dapat merasakan berbagai pengalaman yang memperkuat persatuan dalam keberagaman dan memperluas pengetahuan dalam bidang akademik.


Ketua Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Arini, M.T. menyampaikan sebelumnya seluruh peserta program Pertukaran Mahasiswa dari Prodi Teknik Geodesi ITP telah menjalani tahap seleksi institusi, yaitu seleksi substansi oleh Tim Prodi Teknik Geodesi ITP dan seleksi wawancara yang dilakukan secara luring oleh penanggung jawab kegiatan MBKM Prodi Teknik Geodesi ITP yaitu Saiyidinal Fikri, M.T. dan Ilham Armi, M.T di Ruang PKKM, Ruang Diskusi A.2.6 Kampus 2 ITP pada Kamis (06/07).


Selanjutnya tiga peserta program Pertukaran Mahasiswa ke UGM mengikuti seleksi tahap 2 wawancara secara daring bersama pewawancara dari Prodi Teknik Geodesi UGM, yaitu Ketua Prodi Teknik Geodesi UGM Heri Sutanta, S.T., M.Sc., Ph.D, dan Sekretaris Prodi Teknik Geodesi UGM, Dr. Ir. Diyono, S.T., M.T., IPU pada Kamis (27/07). Dalam kesempatan ini turut hadir Ka. Prodi Teknik Geodesi ITP dan salah seorang dosen Prodi Teknik Geodesi ITP, Ilham Armi, M.T.


Prodi Teknik Geodesi ITP menggelar pelepasan untuk mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Tahun 2023 di Kampus 2 ITP pada Jum’at (11/08). Dalam kegiatan pelepasan ini Ka.Prodi Teknik Geodesi ITP dan salah seorang dosen Prodi Teknik Geodesi ITP, Defwaldi, M.Eng memberikan arahan pengambilan mata kuliah yang sesuai dengan perguruan tinggi penerima.  


Ka. Prodi Teknik Geodesi ITP menyampaikan dukungan dan pesannya bagi mahasiswa, ia berpesan kepada para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya sebagai sarana eksplorasi diri.


“Saya berpesan kepada para peserta Pertukaran Mahasiswa ITP Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 untuk fokus dan mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi tujuan dengan baik. Sehingga harapannya ketika kembali lagi ke ITP, para mahasiswa ini dapat memberikan pengaruh positif dan memperoleh banyak pengalaman berharga untuk pengembangan kemampuan baik Hard skill maupun Softskill mereka, “ tutur ia.

Program Pertukaran Mahasiswa juga merupakan bentuk komitmen Prodi Teknik Geodesi ITP mengimplementasikan program MBKM dengan dukungan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 dalam bentuk pembiayan operasional peserta program Pertukaran Mahasiswa.

“Semoga dengan adanya dukungan dan bantuan dari PKKM dapat memberikan stimulus yang baik untuk mahasiswa yang belajar di luar kampus, memberikan pengetahuan dan pengalaman terkait atmosfir akademik dan kehidupan kampus di perguruan tinggi mitra. Harapannya melalui program ini mahasiswa dapat memperkuat kompetensi lulusan perguruan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing, “ ujar Direktur PKKM Prodi Teknik Geodesi ITP, Fajrin, M.si.

Berikut Nama Mahasiswa Prodi Teknik Geodesi Peserta Pertukaran Mahasiswa pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024:

1. Univesitas Gadjah Mada

-       Muammar Khadafi Al Musyaraf (2021510013)

-       Langgita Maharani                   (2021510001)

     2. Universitas Pakuan Bogor (UNPAK)

-       Insanul Kubra                          (2022510009)


-       Redy Reinaldy                         (2022510027)


-       Amanda Ramadhan Putra         (2022510027)


-       Afifah Fista                             (2022510022)

     3. Teknologi Nasional (ITENAS)

-       Selly Selvina                            (2021510031)

-       Puja Kharisma                         (2021510004)

 

Created By Widia Humas