Berita / Akademik /
Tingkatkan Literasi Teknologi Geospasial Menuju Geospasial Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0, Teknik Geodesi Selenggarakan Pengabdian Masyarakat Ke SMKN 1 Ampek Nagari
Humas | 02 Agustus 2023
Foto : Dwi Arini, S.T.,M.T

Teknologi Geospasial memiliki peranan penting dalam menghadapi tantangan revolusi era industri 4.0 saat ini, misalnya dalam mitigasi bencana. Teknologi Geospasial sangat dibutuhkan karena dapat menghubungkan dan mengintegrasikan berbagai data serta teknologi yang menunjang perkembangan industri 4.0 . Perkembangan teknologi ini tentunya harus diikuti dengan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten di bidang teknologi geospasial.


Dalam menjawab tantangan kebutuhan SDM ahli geospasial ini, Institut Teknologi Padang (ITP) melalui Program Studi (Prodi)  Teknik Geodesi menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Peningkatan Skill Guru dan Siswa SMKN 1 Ampek Nagari dalam Bidang GNSS dan Penginderaan Jauh” pada Sabtu (29/07) di SMKN 1 Ampek Nagari. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi geospasial bagi guru dan siswa Jurusan Teknik Geomatika SMKN 1 Ampek Nagari.

 “Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu implementasi penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh Prodi Teknik Geodesi ITP. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung pencapaian suatu standar kompetensi guru dan siswa bidang Geomatika mencakup yaitu survei pemetaan, penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang memiliki pengakuan secara Nasional. Serta diharapkan dapat membantu SMKN 1 Ampek Nagari dalam mencetak lulusan yang mempunyai basis teknologi  geospasial dalam memacu perwujudan geospasial modern dan inovatif, “ ujar Ka. Prodi Teknik Geodesi ITP, Dwi Ariani, M.T.


Menurut Ka. Prodi Teknik Geodesi ITP penggunaan teknologi navigasi satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) dan penginderaan jauh telah berkembang pesat dalam berbagai sektor. Sehingga SMK selaku lembaga pendidikan perlu meningkatkan skill dan pengetahuan untuk membentuk tenaga kerja yang terampil dan terkoneksi dengan teknologi modern yang berkembang saat ini.


Tim Prodi Teknik Geodesi ITP yang diketuai oleh Defwaldi, M.Eng disambut dengan baik oleh Kepala SMK N 1 Ampek Nagari, Desman, S.Pd.I, M.A dan Ketua Jurusan Geomatika Sri Astusi, S.Pd, serta para Guru dan siswa peserta pengabdian masyarakat. Pada kesempatan ini dilaksanakan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara SMK Negeri 1 Ampek Nagari dan Institut Teknologi Padang yang telah disepakati  pada tanggal 26 Juli 2023 dan dokumen Implementation Agreement dalam rangka Pengabdian Masyarakat pada Sabtu, 29 Juli 2023.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tim pengabdian masyarakat Prodi Teknik Geodesi ITP, terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh dosen Teknik Geodesi ITP sesuai dengan bidang keahliannya dengan materi pengantar bidang geodesi untuk Guru Geomatika dan Siswa kelas X, XI, dan XII. Untuk materi pertama pengantar GNSS disampaikan oleh Dwi Arini, S.T.,M.T, selanjutnya untuk materi Pengantar Geomatika dan Penginderaan Jauh dijelaskan oleh Fajrin, M.Si, dan terakhir materi Pengantar Sistem Informasi Geografis disampaikan oleh Dwi Marsiska Driptufany, M.Si.


Pada pengabdian masyarakat kali ini tim Prodi Teknik Geodesi ITP juga memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk praktek langsung penggunaan GPS RTK didampingi oleh dosen Prodi Teknik Geodesi ITP, Saiyidinal Fikri, M.T., Ilham Armi, M.T., Defwaldi, M.Eng. dan 3 orang mahasiswa semester 6 yang bertindak sebagai instruktur. Peserta yang terdiri dari Guru dan siswa Jurusan Teknik Geomatika SMKN 1 Ampek Nagari sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh tim Prodi Teknik Geodesi ITP.


Terakhir Ka.Prodi Teknik Geodesi ITP menuturkan harapannya semoga kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Prodi Teknik Geodesi ITP ini bermanfaat untuk SMKN 1 Ampek Nagari  dan dapat terus berlanjut untuk kegiatan-kegiatan lain yang dapat menunjang pendidikan terutama dalam bidang geospasial.


Created By Widia/Humas