Berita / Akademik /
Serah Terima Jabatan Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Komitmen Tingkatkan Sinergi Wujudkan Ekosistem Institusi yang Profesional dan Berdaya Saing
Humas | 02 Agustus 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP) menyelenggarakan serah terima jabatan dari pengurus YPTP masa bakti 2017-2023 yang dipimpin oleh Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd. kepada pengurus YPTP masa bakti 2023-2028 dengan ketua terpilih Ampri Satyawan, S.E., M.M. bertempat di Aula Gedung D Kampus 1 ITP, Selasa (01/08). 


Pada kesempatan ini turut hadir Dewan Pembina YPTP, Prof.H. Jalius Jama, M.Ed, Ph.D. , Dharma Akhyuzi, S.H. , Johnny Bahar, S.T. , Pengawas YPTP, M. Nurnas, S.T., Ketua dan seluruh Pengurus YPTP masa bakti 2023-2028, Rektor ITP, Dr.Ir. Hendri Nofrianto, M.T. beserta jajarannya, Ketua Senat ITP, Andi Syofian, M.T. beserta anggota, serta pejabat struktural, dosen, dan karyawan ITP.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan pembacaan Kutipan Akta Notaris tentang Pernyataan Keputusan Rapat Pembina YPTP oleh Donny Hardia, S.IP. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Memorandum Akhir Jabatan YPTP masa bakti 2017-2023 oleh Ir. Wilton Wahab, M.Eng.

Dalam penyampaian Memorandum Akhir Jabatan ia menyampaikan beberapa poin terkait laporan dan informasi perkembangan yayasan selama periode masa bakti 2017-2023 baik pemberdayaan potensi akademik dan pengelolaan dan pemberdayaan asset, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), perkembangan sistem informasi ITP, dan berbagai kegiatan pengurus YPTP yang telah dilaksanakan oleh pengurus masa bakti 2017-2023.

“Terdapat beberapa catatan penting yang patut menjadi perhatian Pengurus YPTP selanjutnya, terkait dengan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan ITP kedepannya. Harapannya dengan dengan kepemimpinan pengurus YPTP masa bakti 2023-2028, serta kolaborasi dan kerja sama yang baik antara seluruh civitas akademika akan mampu membawa YPTP dan ITP menuju kesuksesan yang gemilang, “ ujar ia.


Acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari pengurus YPTP masa bakti 2017-2023 yang dipimpin oleh Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd. kepada pengurus YPTP masa bakti 2023-2028 dengan ketua terpilih Ampri Satyawan, S.E., M.M.


Dalam sambutannya,  Ampri Satyawan, S.E., M.M. selaku Ketua  YPTP masa bakti 2023-2028 mengucapkan terima kasih kepada pengurus YPTP periode 2017-2023, atas dedikasi dalam pengembangan YPTP dan berhasil mencapai banyak kemajuan baik dari segi akademik dan sarana dan prasarana.


“Satu hal yang paling penting bahwasanya hari ini tepat 50 tahun 5 bulan 9 hari YPTP lahir dan saya diberi amanah untuk melanjutkan kepemimpinan YPTP masa bakti 2023-2028, tentunya amanah ini bukan amanah yang mudah. Amanah ini memiliki misi akhirat yang sangat besar maka dengan mengucapkan bismillah saya terima amanah ini, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keberkahan bagi pengembangan YPTP dan ITP kedepannya ,” ungkap ia.

Menurutnya pada awal berdirinya, misi pertama dari pendirian lembaga ini adalah menjadi wadah bagi lahirnya ahli-ahli teknik di Provinsi Sumatera Barat ini, dalam perkembangannya lembaga yang awalnya merupakan Kursus Ahli Teknik (KAT) terus berkembang hingga pada tahun 2002 secara resmi dikukuhkan menjadi ITP. Dalam perjalanannya pengurus yayasan YPTP berhasil merumuskan roadmap ITP 2020-2040, dalam roadmap ini fokus perluasannya adalah bagaimana mengarahkan ITP sebagai perguruan tinggi yang berwawasan global.

Ia menuturkan ada dua catatan yang penting untuk dirumuskan secara bersama-sama yaitu,  terkait aspek kesejahteraan dan pengelolaan asset dan usaha. Harapannya dalam perjalanan roadmad akademik dapat sejalan dengan 2 aspek lainnya. Ia menambahkan jika kita bersungguh-sungguh dalam menyelenggarakan seluruh poin roadmap dan kita refleksikan visi dan misi roadmad dalam kehidupan sehari-hari, maka akan terbentuk ekosistem institusi yang professional.

“Dalam mencapai misi strategis ini kita butuh kebersamaan, mari kita wujudkan amanah ini  dalam bentuk konkrit, bersama-sama kita selenggarakan roadmad yang telah dirancang dan seiring berjalannya waktu kita susun roadmap yang meliputi aspek peraturan, regulasi dan tata kelola. Mari saling bergandengan tangan membangun sinergi agar seluruh visi dan misi YPTP dan ITP yang telah dirancang dapat tercapai bagi kesejahteraan kita semua, “ tutur ia.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh ketua Pembina Pengurus YPTP Periode 2023-2028, Drs. H. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd., ia menyampaikan ini merupakan kali pertama YPTP mengadakan acara serah terima jabatan pengurus yayasan secara terbuka dan diadakan secara resmi. Ia berharap kepengurusan YPTP dibawah kepemimpinan Ampri Satyawan, S.E., M.M. akan lebih baik dan berkembang.

“Kepada pengurus lama saya mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan kerja tulusnya, kepada ketua dan pengurus masa bakti 2023-2028 selamat mengemban amanah dan mengabdi pada lembaga. Mari kita sama-sama bekerja keras dan berkolaborasi demi mewujudkan visi dan misi YPTP dan ITP agar menjadi lembaga yang berprestasi dan berkualitas.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin ustadz Ismet Eka Putra, M.T.dan foto bersama serta ucapan selamat kepada pengurus YPTP masa bakti 2023-2028.

 

Created By Widia/Humas.