Berita / Akademik /
Pakar ITP : Banjir pada Sejumlah Daerah di Sumbar Akibat Curah Hujan Tinggi dan Pasang Air Laut, Perlu Mitigasi Pengendalian Banjir Terpadu dan Terintegrasi
Humas | 20 Juli 2023
Foto : Pusdalops BPBD Kota Padang

Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa waktu lalu mengakibatkan sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengalami bencana banjir dan tanah longsor. Hujan deras yang terus berlanjut dari Kamis malam (13/07) hingga Jum’at (14/07) pagi membuat beberapa wilayah di Sumbar dilanda bencana banjir, akibatnya sejumlah akses jalan terputus karena genangan air menutupi badan jalan.

Bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Sumbar ini juga mengakibatkan ratusan unit rumah masyarakat terendam, termasuk sekolah, pertokoan, dan fasilitas umum lainnya. Bencana banjir juga mengakibatkan adanya korban jiwa, kerugian secara materil, kerusakan lingkungan, dan berdampak pada aktivitas perekonomian masyarakat.


Pakar Hidrologi yang merupakan dosen Teknik Sipil Institut Teknologi Padang (ITP), Ir.Drs.H.Maizir.M.T. menyampaikan banjir yang merendam beberapa wilayah pesisir di Provinsi Sumbar diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi serta kenaikan pasang air laut yang tinggi. Ia menyebutkan fenomena banjir yang terjadi ini kedepannya pasti akan terulang lagi karena ini merupakan fenomena alamiah.

“Fenomena banjir seperti saat ini pernah terjadi beberapa tahun lalu, namun fenomena tersebut akan berbeda pada setiap periode waktunya. Intensitas curah hujan tinggi didaratan, diikuti dengan kenaikan pasang air laut yang masuk kedaratan mengakibatkan genangan di beberapa daerah pinggiran pantai, seperti di Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, dan Kabupaten Pasaman yang menjadi wilayah terdampak pasang air laut, “ ujar ia, Sabtu (15/07).

Menurutnya lembaga pemerintah dalam hal ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui media telah memberikan peringatan dini terkait informasi akan terjadinya hujan ekstrem di wilayah barat Indonesia. Ia mengungkap pentingnya melatih kepekaan publik terhadap informasi cuaca dan iklim yg disampaikan oleh BMKG, agar ketika terjadi cuaca ekstrem masyarakat dapat lebih siap. Kejadian hujan dan cuaca ekstim ini umum terjadi pada setiap pergantian musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

Ia mengungkapkan langkah preventif yang bisa dilakukan pada daerah pinggiran pantai adalah pembangunan tanggul pengaman yang mampu menahan gelombang pasang dilaut untuk mengatasi dan meminimalisir naiknya pasang air laut kedaratan. Dan untuk mengatasi terjadinya banjir akibat curah hujan, dapat dilakukan dengan membuat sumur resapan dan menyempurnakan seluruh jaringan drainase. Disisi lain, untuk daerah yang jauh dari tepian pantai perlu adanya perbaikan terhadap infrastruktur drainasenya, meliputi kapasitas dan konstruksi dari drainasenya.

“Langkah mitigasi banjir untuk daerah pemukiman, direkomendasi setiap rumah membangun sumur resapan. Sumur resapan pada masing-masing rumah berfungsi untuk mengurangi aliran permukaan dan mencegah atau mengurangi terjadinya genangan air, “ ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan ITP, Dr.Herix Sonata,M.S.,M.Si, ia menyampaikan banjir yang melanda beberapa titik wilayah di Provinsi Sumbar disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi dengan periode waktu yang cukup lama, serta bertepatan dengan pasang air laut. Sungai sebagai tempat bermuara air tidak dapat menampung debit air yang tinggi, sehingga mengakibatkan genangan pada daratan.

“Pada tahun 2016 banjir seperti ini pernah terjadi di Kota Padang, rata-rata seluruh wilayah di Kota Padang digenangi oleh air. Berdasarkan informasi tersebut, terdapat kesamaan kondisi antara banjir tahun 2016 dengan bencana banjir beberapa waktu lalu, sehingga dapat dipastikan fenomena ini merupakan fenomena alamiah, “ jelasnya, Senin (17/07).

Ka.Prodi Teknik Lingkungan ITP menuturkan selain curah hujan yang tinggi, banjir dapat disebabkan oleh infrastuktur drainase yang bermasalah seperti dimensi drainase dengan aliran air yang tidak sesuai dan infrastruktur drainase yang tidak saling terintegrasi antara drainase primer, sekunder dan tersier. Selain itu peruntukan suatu wilayah juga perlu diperhatikan, seperti daerah yang telah diperuntukan sebagai daerah penampungan air tidak boleh dialih fungsi menjadi daerah pemukiman dan perkantoran.

Menurutnya, perubahan peruntukan fungsi lahan berdampak pada lingkungan, ditambah lagi dengan fenomena isu pemanasan global, salah satunya disebabkan oleh penebangan hutan. Fungsi hutan untuk menjaga ekosistem suplay oksigen dan memastikan ketersediaan air dialih fungsikan, sehingga terjadi perubahan secara global.

“Perubahan drastis terhadap lingkungan berpengaruh pada perubahan siklus alam, ditandai dengan perubahan iklim yang drastis. Cuaca ekstrem dan curah hujan yang tinggi merupakan akumulasi aktivitas manusia yang tidak menjaga alam, sehingga keseimbangan alam terganggu,” tutur ia.

Beberapa langkah mitigasi yang disampaikan Ka.Prodi Teknik Lingkungan ITP adalah mitigasi individu dengan menaikkan elevasi bangunan agar berada diatas permukaan jalan, selanjutnya adanya drainase pada kiri-kanan jalan, normalisasi sungai sebagai tempat bermuaranya air pada periode waktu tertentu, dan sistem pengendalian banjir berupa kanal banjir.

 

Created By Widia/Humas