Berita / Akademik /
ITP Raih Dua Penghargaan dalam Anugerah LLDIKTI Wilayah X Tahun 2023
Humas | 29 Mei 2023
Foto : LLDIKTI Wilayah X

Institut Teknologi Padang (ITP) meraih dua penghargaan bergengsi dalam  Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Tahun 2023 yang bertempat di ZHM Premier Hotel, Padang pada Rabu ( 24/05) malam. Penyerahan penghargaan ini diselenggarakan dalam rangkaian agenda Rapat Kerja  yang mengusung tema "Peningkatan Mutu Lulusan Melalui Program MBKM".

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, SH., M.Pd bersama Dr. Lukman, S.T., M.Hum. selaku Direktur Kelembagaan Ditjen Diktiristek dan Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek, kemudian diterima langsung oleh Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T.

Dalam malam penganugerahan ini, ITP berhasil meraih dua kategori Penghargaan Anugerah LLDIKTI Wilayah X Tahun 2023 yaitu Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan Laporan Kerja Sama Terbaik dan Perguruan Tinggi yang mencapai Klaster Utama pada Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2023.

Rektor ITP, mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan seluruh pihak baik pimpinan, unit kerja, tenaga pendidik, dan seluruh civitas akademika yang ada dilingkungan ITP. Dengan adanya kerja keras dan komitmen bersama seluruh civitas akademika ITP, ITP berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dari LLDIKTI Wilayah X.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh warga ITP, ini adalah langkah awal bagi kita untuk dapat berkontribusi pada kemajuan bangsa dibidang pendidikan. Di sisi lain harapannya penghargaan ini dapat memotivasi seluruh civitas akademika ITP untuk berkarya dan berinovasi demi mencetak lulusan SDM berkualitas unggulan ,” ucap Rektor.

Kepala LLDIKTI Wilayah X  mengungkapkan program kerja yang dirumuskan harapannya dapat merefleksikan peranan dan tanggung jawab semua pihak, mendorong perkembangan  perguruan tinggi dan peningkatan mutu lulusan  perguruan tinggi yang merupakan putra/putri terbaik daerah.  Nantinya para lulusan perguruan tinggi ini harapannya akan menjadi pemimpin dan pergerak pembangunan  di daerah asalnya.

“Selamat atas capaian dan kerja luar biasa PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X. Mari kita jadikan ini sebagai motivasi untuk terus bekerja lebih baik dalam meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi,” ungkap Afdalisma.


Dalam kesempatan yang berbeda, Anna Syahrani, M.Eng selaku Ka.Biro Humas, Kerja sama dan promosi ITP menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas kerja keras tim humas, kerja sama, dan promosi ITP. Kerja keras dan kerja sama tim dalam mendigitalisasikan seluruh dokumen kerja sama mulai dari mengumpulkan data, mengekstraknya menjadi informasi, dan menvisualisasikannya agar mudah dipahami oleh semua orang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada kepada seluruh tim humas yang telah mengumpulkan dokumen kerja sama dalam bentuk fisik, kemudian mengolahnya dalam bentuk basic data, hingga menginputnya ke sistem. Kerja keras ini juga tidak luput dari dukungan pimpinan dan prodi-prodi, karena tanpa ada kerja sama kolaborasi dari tim,  prodi, pimpinan, dan seluruh civitas akademika tidak akan tercapai penghargaan ini ,” kata Ka.Biro Humas, Kerja sama dan promosi.

Ia menuturkan penghargaan ini memotivasi tim untuk bekerja lebih baik lagi, target saat ini bukan hanya agreement tetapi bagaimana menjaga kemitraan tersebut. Harapannya kepada seluruh civitas akademika ITP untuk dapat mengimplementasikan kerja samanya, karena saat ini penilaian suatu kerja sama itu berjalan dengan baik atau tidak, itu tergantung apa bentuk kerja sama yang berhasil dilaksanakan dari perjanjian kerja sama yang ada.


Di sisi lain, DR. Nofriady Handra, M.Sc selaku Ketua LP2M ITP menuturkan capaian penghargaan sebagai Perguruan Tinggi yang mencapai Klaster Utama pada Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tidak terlepas dari kinerja kepemimpinan LP2M sebelumnya. Ia menambahkan pencapaian yang didapat adalah batu loncatan untuk melangkah lebih baik lagi.

“Saya mengucapkan syukur atas capaian penghargaan ini, saat ini merupakan momentum bagi LP2M untuk terus berkomitmen dan konsisten dalam meningkatkan kinerja LP2M kedepannya. Harapannya semoga ITP tetap dapat mempertahankan pada klaster utama bahkan dapat naik ke klaster mandiri dalam bidang riset penelitian dan pengabdian masyarakat, “ tutur Ketua LP2M ITP.

Ia menyebutkan peningkatan klaster ini dapat terwujud dengan bantuan karya ilmiah dosen, karena karya ilmiah dosen mampu meningkatkan skor SINTA dan salah satunya berhasil mendapatkan penghargaan dari LLDIKTI Wilayah X sehingga dapat mengharumkan nama ITP.


Created By Widia/Humas