Berita / Akademik /
Prodi Diploma III Teknik Mesin ITP Selenggarakan Kuliah Lapangan Ke PT.Travesindo Multi Elektrik, Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan
Humas | 03 Juli 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid dan Sulaiman, S.T.,M.T

Program Studi (Prodi) Diploma III Teknik Mesin Institut Teknologi Padang (ITP) melakukan kunjungan ke PT.Travesindo Multi Elektrik, Jl. Kapuk Kalumbuk Balai Baru, Padang pada Senin (03/07). Kunjungan ini merupakan salah satu langkah dalam pengembangan  keterampilan kewirausahaan mahasiswa dan upaya meningkatkan ekosistem kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi.


Kegiatan ini merupakan pengaplikasian dari mata kuliah Kewirausahaan sebagai bentuk penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi. Sebanyak 24 orang mahasiswa Prodi Diploma III Teknik mesin ITP bersama satu orang dosen pengampu mata kuliah yaitu Sulaiman, S.T.,M.T dan satu orang dosen pendamping Ismet Eka Putra, S.T.,M.T mengikuti kegiatan kuliah lapangan ini.

“Mahasiswa yang mengikuti kuliah lapangan ini, nantinya akan diwajibkan membuat proposal berbentuk bisnis plan berdasarkan dari pengalaman perjalanan mereka selama kegiatan ini. Hal ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk berwirausaha, sehingga mahasiswa dapat melahirkan usaha-usaha baru yang inovatif, kreatif dan berdaya saing di era globalisasi ini ,” kata Sulaiman.


Ia juga menambahkan bahwa kesempatan belajar dengan praktisi merupakan kesempatan yang sangat berharga karena para praktisi merupakan individu yang telah bekerja dalam lingkup profesional dan telah memiliki keterampilan sesuai dengan bidangnya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan terkait keterampilan kewirausahaan dan softskill lain yang dibutuhkan dalam dunia industri saat ini.

Menurut ia para praktisi tentu akan selalu update dengan seluruh perkembangan, pertumbuhan, dan kebijakan terbaru yang berlaku dalam dunia industri. Ini merupakan momentum bagi para mahasiswa untuk mengasah keterampilan kewirausahaan mereka, sehingga kedepannya mahasiswa tidak lagi menunggu lapangan pekerjaan, melainkan juga bisa berinovasi untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Sebagai salah satu mitra ITP, PT.Travesindo Multi Elektrik senantiasa bekerja sama dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan yang mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, PT.Travesindo Multi Elektrik juga memberikan berbagai materi dan informasi yang bermanfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu Prodi Diploma III Teknik mesin ITP, “ papar ia.


Dalam kesempatan yang sama, Ismet Eka Putra, S.T.,M.T selaku dosen pendamping kuliah lapangan kewirausahaan ini  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan realisasi dari salah satu program kerja Prodi Diploma III Teknik Mesin. Namun, harapan kita mudah-mudahan kegiatan juga menjadi salah satu upaya promosi Diploma III Teknik Mesin ITP, disamping itu mahasiswa juga mendapatkan inspirasi untuk berwirausaha.


Created By Widia/Humas