Berita / Akademik /
Gusti Prayoga, Mahasiswa Teknik Sipil ITP yang Geluti Hobi Gambar dan Bekerja Sebagai Drafter Engineering
Humas | 17 April 2023
Foto : Gusti Prayoga

Bermula dari hobi gambar yang ia tekuni dari kecil, Gusti Prayoga Mahasiswa Teknik Sipil  angkatan 2021 Institut Teknologi Padang (ITP) mulai menapaki kariernya sebagai drafter engineering di salah satu perusahaan konsultan kontruksi yang bernama PT. Multi Karya Interplan Consultant Cabang Solok.

Hal ini membuktikan bahwa hobi dan pendidikan dapat terus beriringan dalam mengeksplor potensi dan kualitas diri mahasiswa.


Ia menceritakan awal mula tergabung pada Perusahaan Konstruksi tersebut adalah setelah ia berhasil memenangkan lomba Autocad Tingkat SMK Se Sumbar-Riau yang diselenggarakan oleh ITP pada  Dies Natalaies ITP tahun 2020.

“Hubungan yang terjalin antara saya dan ITP adalah setelah saya berhasil menyabet juara satu pada kompetensi Autocad yang diadakan ITP. Setelah lulus saya direkomendasikan oleh guru untuk bergabung dengan perusahaan kontruksi yang memiliki relasi kerja sama dengan perusahaan saya saat ini,” jelas Yoga, Jum’at (14/04).

Ia memaparkan setelah bergabung 6 bulan diperusahaan sebelumnya, ia kemudian diajak bergabung dengan perusahaan ini sejak 2021 hingga sekarang. Yoga menambahkan PT. Multi Karya Interplan Consultant sendiri merupakan perusahaan yang didirikan oleh para alumni ITP.

“Kami bertanggung jawab dalam berbagai proyek pembangunan Kota Solok, diantaranya proyek penataan koridor pasar raya Solok, Mesjid Nurul Hidayah Kota Solok, Gedung Kesenian SMK N 4 Kota Solok, proyek perumahan, sekolah, drainase, dan jalan di Kota Solok,” papar Yoga.


Yoga yang merupakan mahasiswa penerima KIP Kuliah juga memiliki kegiatan yang padat setiap minggunya. Selain bertanggung jawab pada kegiatan kuliah dan bekerja, ia juga mengisi waktunya dengan mengikuti program “Kota dalam Warna” yang diinisiasi oleh komunitas seniman asal Solok yang bernama Kaday Loket.

Ia bersama-sama teman-teman komunitasnya mengisi akhir minggu dengan berkarya on the spot pada beberapa objek wisata dan sejarah  yang ada di Kota Solok. Karya pertama Yoga pada sesi on the spot adalah karya lukis Rumah Gadang HJ Siti Rasyidah  yang berada di pusat Kota Solok.


“Untuk pengerjaan lukisan Rumah Gadang HJ Siti Rasyidah saya menyelesaikannya dalam waktu 3 hingga 4 jam. Saya bersama teman-teman Kaday Loket telah menghasilkan berbagai karya di antaranya lukisan dengan media kanvas, lukisan dengan media Sketchbook, dan batik tulis Rumah Gadang HJ Siti Rasyidah ,” ungkap ia.

Yoga tidak hanya aktif berkegiatan di bidang non-akademik, ia juga turut serta aktif dalam bidang akademik pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Yoga terpilih menjadi perwakilan Program Studi dalam program pertukaran mahasiswa ke Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY).

Ia menyebutkan selama tiga bulan ia melaksanakan program pertukaran mahasiswa tersebut ia memanfaatkan waktu untuk menimba ilmu dan menambah pengalaman di ITNY.

Terakhir ia menyampaikan bahwa ia ingin terus mengembangkan passionnya di dunia seni lukis, dengan tetap menyelaraskan dengan pendidikannya di Teknik Sipil.

 

Created By Widia/Humas