Berita / Akademik /
Pertahankan Kualitas Pendidikan Unggul, Tiga Prodi ITP Sukses Raih Akreditasi dari LAM Teknik
Humas | 22 Agustus 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Institut Teknologi Padang terus membuktikan komitmen dalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, serta menjaga kualitas setiap Program Studinya. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan tiga Prodi Unggulan ITP meraih akreditasi dengan predikat B dan Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan (LAM Teknik) pada Rabu (21/08) lalu.

Ketiga Prodi yang berhasil meraih akreditasi dari LAM Teknik adalah Prodi Magister Teknik Sipil (S2), Prodi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (D4), dan Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (D4).

Dalam coffee morning bersama awak media, Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T, IPM menuturkan bahwa seluruh Prodi di ITP sudah terakreditasi nasional. Hal ini menjadi bukti peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di ITP yang telah memenuhi standar nasional dengan terakreditasinya seluruh Prodi ITP baik dari jenjang Diploma 3, Diploma 4, Sarjana maupun Pascasarjana.

“Hasil keputusan akreditasi ketiga Prodi ini didasarkan pada data surveilans dan asesmen lapangan secara luring oleh Asesor LAM Teknik pada bulan Juni dan Juli 2024 lalu. Capaian ini merupakan buah dari kerja sama dari institut, fakultas, maupun prodi dalam menyiapkan seluruh dokumen administrasi yang menunjukkan evaluasi ketercapaian luaran program, kurikulum yang sedang berlangsung, dan komitmen institusi dalam memfasilitasi implementasi Outcome Based Education (OBE) ,” ungkap Rektor.

Bicara akreditasi berarti bicara tentang nyawanya sebuah Perguruan Tinggi dan Prodi, serta merupakan amanah dari Undang-undang yang harus kita laksanakan secara akuntabel. Oleh karena itu, Rektor menyampaikan ITP senantiasa terus patuh terkait kebijakan yang dikeluarkan kemendikbud Ristek baik dalam hal implementasi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).


“Tantangannya semakin kompleks, karenanya ITP akan selalu berupaya memberikan kontribusi terbaik. Kami berharap kolaborasi, sinergi, serta dukungan penuh dari seluruh stakeholders baik mahasiswa, dosen, tenaga profesional, alumni, orang tua mahasiswa, serta masyarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik ITP Prof. Dr. Ir. Maidiawati, S.T, M. Eng, IPM menjelaskan pencapaian akreditasi Prodi Magister Teknik Sipil ITP adalah salah satu strategi mendukung budaya akademik yang kredibel, profesional, dan berkualitas. Ia menerangkan Prodi Magister Teknik Sipil ITP memiliki dua fokus utama yakni di bidang Rekayasa Struktur dan Manajemen Konstruksi.

Lebih lanjut, Prof. Maidiawati mengemukakan bahwa Prodi Magister Teknik Sipil ITP memberi peluang bagi praktisi profesional di dunia konstruksi, yang ingin melanjutkan studinya untuk bergabung bersama dengan Prodi Magister Teknik Sipil ITP.

Beliau menyebutkan dengan capaian akreditasi dari lembaga akreditasi nasional, Prodi Magister Teknik Sipil ITP berkomitmen memberikan layanan pendidikan dan penelitian dengan dukungan kurikulum yang terarah, dosen-dosen ahli, serta sarana dan prasarana yang lengkap. Prodi Magister Teknik Sipil ITP akan terus mencetak lulusan yang handal di bidangnya.

Ketua Prodi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik (TRIL) D4 ITP, Asnal Effendi, S.T, M.T, IPM, ASEAN. Eng mengatakan Prodi TRIL D4 merupakan program alih jenjang dari jenjang Diploma 3 Teknik Listrik ke Sarjana Terapan (D4). Program Alih Kredit ini tetap mengedepankan ciri khas pendidikan vokasi, yaitu berorientasi kepada profil lulusan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dan industri.

Dalam kegiatan yang dipandu oleh Kepala Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, Anna Syahrani, M. Eng, beliau menyampaikan bahwa rancangan kurikulum menitik-beratkan kepada praktek dan teori yang mendukung praktek, didukung oleh pengajar vokasi dan praktisi.

Capaian peringkat akreditasi Baik untuk Prodi TRIL ITP merupakan milestone penting. Prodi TRIL ITP akan terus mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, serta meningkatkan kompetensi dosen dan fasilitas laboratorium.

“Prodi TRIL ITP merupakan Prodi yang berfokus pada ilmu-ilmu kelistrikan baik untuk instalasi listrik rumah sederhana, bangunan gedung, dan sektor industri. Hal ini akan mendukung mahasiswa kami untuk menjadi lulusan yang berkualitas dan siap berkontribusi pada kemajuan industri Elektrikal di Indonesia ,” ujar beliau.



Created By Widia/Humas