Berita / Akademik /
Rumuskan Strategi Optimal Implementasi Kerja Sama Internasional, ITP Gelar Diskusi Akademik Bersama CamTech University
Humas | 02 Agustus 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Institut Teknologi Padang mengadakan sebuah acara daring monumental dalam rangka tindak lanjut rencana kerja sama lintas negara antara ITP dengan Cambodia University of Technology and Science (CamTech University) pada Jum’at (02/08). Acara yang diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting ini menjadi momentum penting bagi pengembangan pendidikan di ITP.

Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D didampingi oleh Wakil Rektor II Rektor ITP, Yusreni Warmi, Dr. Eng, Kepala Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, Anna Syahrani, M.Eng, dan Staf Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, Widia Afrianti, S.Si menyambut dengan antusias diskusi akademik virtual bersama Tim CamTech University.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I ITP membahas rancangan tindak lanjut dari program-program yang direncanakan sebagaimana tertuang di dokumen perjanjian kerja sama. Menurutnya, diskusi ini menandai komitmen kuat dari ITP untuk meningkatkan kerja sama lintas batas dalam bidang pendidikan tinggi.


“Kolaborasi internasional perguruan tinggi memiliki berbagai dimensi manfaat, terutama dalam peningkatan Indeks Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Kolaborasi internasional memberikan peningkatan aksesibilitas, kualitas, dan relevansi pendidikan di era globalisasi ini, “ ujar ia.

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor II ITP juga membahas beberapa poin penting implementasi kerja sama internasional meliputi prosedur administratif, program yang akan dilaksanakan, dan jadwal implementasi program kerja sama yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kepala Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP yang bertindak sebagai moderator acara merumuskan beberapa potensi kegiatan kerja sama yang dapat dilaksanakan meliputi Guest Lecturer, Visiting Laboratorium, Student Mobility Program, International Community Service Program, Cultural Exchange Program, dan Industrial Visit Program.

Ia menuturkan sebagai langkah awal dari implementasi kerja sama ini adalah program Guest Lecturer, yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober di CamTech University dengan mengirimkan perwakilan Profesor dan dosen dari ITP. Sebaliknya, pada bulan November Tim CamTech University akan hadir di ITP untuk melaksanakan berbagai implementasi program kerja sama.

Menanggapi diskusi tersebut tim CamTech University yang dipimpin oleh Mr. Mut Somoeun, Ph.D. selaku Vice Dean of the Faculty of Arts, Humanities and Social Sciences menuturkan CamTech University sangat terbuka dengan berbagai potensi kerja sama.

Lebih lanjut ia menuturkan  diskusi ini merupakan langkah konkret dalam menggerakkan kerja sama menuju tahap pelaksanaan yang lebih lanjut. Menurutnya, diskusi akademik ini menjadi kerangka awal untuk pengembangan berbagai potensi kerja sama lainnya antara ITP dan CamTech University.

“Pada tahap awal ini, kerangka kegiatan akan kita optimalisasi pada kegiatan Guest Lecturer di kedua perguruan tinggi. Partisipasi aktif dari berbagai pihak menunjukkan komitmen yang kuat untuk mewujudkan visi bersama dalam mendukung pendidikan tinggi yang berkualitas dan inklusif, “ ungkapnya.

Turut hadir dalam diskusi akademik virtual ini, Ms. Chhorvin Noy selaku Head of Student Affairs CamTech University dan Ms. Sopheak Yeng selaku Lecturer of Architecture yang memberikan informasi terkait penyediaan dukungan yang diperlukan untuk memfasilitasi kolaborasi lintas negara ini, termasuk akses ke sumber daya industri dan budaya.

 

Created By Widia/Humas