Berita / Akademik /
Dukung Perluasan Karir Lulusan di Pasar Global, ITP Jajaki Kerja Sama dengan PT. Andalan Mitra Prestasi dan Career Planning Co.Ltd, Japan
Humas | 15 Juli 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Institut Teknologi Padang melakukan penjajakan kerja sama dengan PT. Andalan Mitra Prestasi dan Career Planning Co.Ltd dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan dan mempersiapkan mereka untuk bersaing di kancah global. Penjajakan kerja sama ini merupakan langkah strategis ITP dalam menjawab tantangan mutu pendidikan global.

Dalam diskusi yang dipimpin oleh Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T, IPM, ia menuturkan ITP telah menjadi pioneer kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam beberapa tahun terakhir baik dari skala regional hingga multinasional.

Oleh karena itu, ITP berkomitmen menyediakan kesempatan dan pelayanan yang menunjang pengembangan pengalaman profesional lulusannya. Dengan terus memperluas jaringan kerja sama internasional, ITP berkomitmen untuk memainkan peran yang lebih besar dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi warga global yang kompeten dan berdaya saing.

“Kolaborasi ini merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan ITP di pasar kerja global. Melalui diskusi ini kami mendapatkan akses ke informasi terkini tentang peluang kerja di luar negeri, meliputi informasi sektor pekerjaan dan tren global dalam dunia pekerjaan ,” ujar ia.

Langkah ini sejalan dengan visi ITP untuk menjadi institusi pendidikan yang unggul dan berkontribusi nyata dalam pengembangan sumber daya manusia di era globalisasi. Ia berharap melalui penjajakan kerja sama ini membuka peluang program kerja sama lainnya, seperti magang industri dan riset penelitian bersama industri-industri luar negeri, terutama negara Jepang.


Salah satu aspek yang sangat penting dalam mempersiapkan lulusan perguruan tinggi adalah memastikan mahasiswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja saat ini. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dibutuhkan oleh pasar kerja global, ITP dapat memastikan bahwa kurikulumnya selalu relevan dan terkini,” tutur Rektor.

Acara diskusi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Pimpinan, Senin (15/07), turut dihadiri oleh Wakil Ketua YPTP, Ir. Wilton Wahab, M.Eng., Wakil Rektor II Rektor ITP, Yusreni Warmi, Dr. Eng., dan Kepala Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, Anna Syahrani, M.Eng. Sementara itu, dari pihak PT. Andalan Mitra Prestasi, hadir Manager Operasional, Drs. Zudarmi, M.Si dan Tim Career Planning Co.Ltd, Japan.

Sementara Wakil Rektor II ITP mengatakan kerjasama diharapkan membuka pintu bagi pelatihan kompetensi yang lebih baik. ITP dapat bekerja sama dengan PT. Andalan Mitra Prestasi dalam menyelenggarakan program pelatihan yang dirancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa untuk karir di luar negeri.

“Pelatihan ini dapat mencakup berbagai aspek, seperti bahasa asing, keterampilan teknis, dan persiapan mental untuk hidup di negara asing,” terangnya.

Manager Operasional PT. Andalan Mitra Prestasi menyebutkan bahwa lulusan ITP adalah yang terbaik. Menurutnya lulusan ITP memiliki loyalitas dan komitmen yang tinggi bagi perusahaan, sehingga memudahkan mereka beradaptasi dengan berbagai kondisi yang ada di dunia kerja.

PT.Andalan Mitra Prestasi merupakan Perusahaan Penyedia dan Penempatan Jasa Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri. Dalam penyelenggaraan kegiatannya PT. Andalan Mitra Prestasi diawasi oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang.

“Terdapat lima skema penempatan ke luar negeri yang diakui oleh Undang-Undang, salah satunya Program P to P (Private to Private) adalah penempatan dengan menggunakan pihak agensi. Dimana Career Planning Co.Ltd merupakan mitra pemerintah Indonesia dalam penempatan tenaga kerja di beberapa wilayah industri Jepang , “ jelas ia.

Harapannya melalui penjajakan kerja sama ini dapat menjadi peluang bagi lulusan ITP untuk membentuk masa depan karirnya lebih luas. Ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda khususnya lulusan ITP untuk menghadapi tantangan dan peluang di era globalisasi yang semakin berkembang pesat.

 

Created By Widia/Humas