Berita / Akademik /
Perkuat Kontestasi Pemilihan Rektor, ITP Gelar Penyampaian Arahan Strategis Pengurus YPTP kepada Dua Bacalon Rektor ITP Periode 2025-2029
Humas | 05 Agustus 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Rangkaian kontestasi pemilihan pucuk pimpinan Institut Teknologi Padang Periode 2025-2029 terus berlanjut. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan Penyampaian Arahan Strategis Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, kepada Bakal Calon Rektor ITP pada Senin (05/08) bertempat di Ruang Sidang Utama Kampus I ITP.

Setelah ditetapkan secara resmi pada tanggal 29 Juli 2024 lalu, dua Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029, yakni Dr. Ade Indra, S.T., M.T., IPM dan Dr. H. Nazris Nazaruddin,ST., M.Si, hadir secara langsung mengikuti agenda penyampaian arahan strategis Pengurus YPTP. Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan visi bersama guna mewujudkan lingkungan akademis yang berkualitas unggul.

Kegiatan ini diawali dengan laporan oleh PLT Ketua Panitia Pemilihan Rektor ITP Periode 2025-2029, Mastariyanto Perdana, M.Eng. Dalam paparannya, beliau mengatakan sebelumnya terdapat beberapa kandidat yang telah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Rektor ITP, setelah melewati proses pemeriksaan dan verifikasi dokumen, maka panitia Pilrek ITP bersama Pengurus YPTP memutuskan dua nama yang berhasil lolos ke tahap berikutnya.

Dalam kesempatan ini,  Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Ampri Satyawan, S.E., M.M. mengucapkan selamat datang kepada dua Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029. Ia menuturkan Pengurus YPTP telah merancang rencana strategis pengembangan kampus ITP sebagai World Class University di tahun 2040.


“Kami telah merumuskan rancangan rencana strategis pengembangan ITP hingga tahun 2040, ini adalah pekerjaan rumah bagi Rektor ITP terpilih berikutnya. Tiap periode lima tahun ITP memiliki target capaian dalam peningkatan pemberdayaan potensi akademik dan pengelolaan serta pemberdayaan asset ,” ujar ia.

Lebih lanjut, ia menegaskan Rektor terpilih akan bertanggung jawab dalam membuat strategi dan mengimplementasikan strateginya untuk pengembangan ITP dalam 5 tahun kedepan. Dimana harapannya, ITP dapat berkontribusi lebih luas lagi bagi bangsa melalui lulusan dan hasil inovasi risetnya.

“Semoga kita dapat bahu-membahu untuk memilih pemimpin yang inovatif dan adaptif dengan perkembangan zaman, sehingga dapat memajukan ITP lebih baik kedepannya ,” ungkap ia.

Acara dilanjutkan dengan agenda utama penyampaian arahan strategis oleh Wakil Ketua Pengurus YPTP, Ir. Wilton Wahab, M.Eng. Ia menjelaskan bahwa kegiatan kontestasi demokrasi pemilihan Rektor ITP Periode 2025-2029 dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

“Penyampaian arahan strategis ini merupakan forum untuk mengkomunikasikan isu strategis dan arah kebijakan sebagai pedoman untuk pengembangan ITP dalam lima tahun kedepan ,” jelas beliau.

Penyampaian arahan strategis dibuka dengan pengenalan profil, penjelasan transformasi perkembangan ITP, hingga penyampaian kondisi eksisting ITP saat ini meliputi visi misi ITP, struktur organisasi YPTP, struktur organisasi ITP, Fakultas dan Program Studi ITP, SDM ITP, sistem informasi ITP, dan sarana serta prasarana yang ada di ITP.

Dalam sesi penyampaian arahan strategis, beliau mengemukakan tiga isu strategis utama yang menjadi fokus utama dalam tata kelola pengembangan ITP selanjutnya, yakni kesejahteraan, perbaikan tata kelola manajemen, dan peningkatan kualitas Tri Dharma.

Usai penyampaian arahan strategis pengurus YPTP, para para pendaftar akan mengikuti pemilihan Bakal Calon Rektor ITP menjadi Calon Rektor ITP Periode 2025-2029 yang akan diselenggarakan pada 02 September 2024. Peserta dari pemilihan Calon Rektor ITP ini adalah 63 daftar pemilih yang merupakan dosen tetap aktif ITP yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Nomor 112/YPTP/ITP/SK/1/V/2024.

Info selengkapnya tentang Profil Bakal Calon Rektor ITP Periode 2025-2029 dapat diakses secara daring pada link berikut ini https://itp.ac.id/pemilihan-rektor/balonrektor

 

Created By Widia/Humas