Berita / Akademik /
Bersinergi Membangun Negeri, ITP Kembali Terpilih Mewakili LLDikti Wilayah X pada Anugerah Kerja Sama Diktiristek Tahun 2024
Humas | 01 Agustus 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Tak henti menuai prestasi membanggakan, Institut Teknologi Padang masih menduduki jajaran perguruan tinggi dengan pengelolaan Laporan Kerja Sama Terbaik di lingkungan LLDikti Wilayah X. Dalam surat resmi yang dirilis pada Rabu (31/07), ITP kembali terpilih mewakili LLDikti Wilayah X sebagai nominasi Kategori Perguruan Tinggi dengan Kerja Sama Industri Terbaik dalam Anugerah Kerja Sama Diktiristek Tahun 2024.

Menurut data laporan dokumen kerja sama di sistem aplikasi pelaporan kerja sama perguruan tinggi LLDikti Wilayah X, ITP menduduki peringkat pertama dan menjadi yang paling unggul dalam penilaian pengelolaan laporan dokumen kerja sama dengan mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Capaian prestasi ini merupakan kali ketiga ITP diusulkan oleh LLDikti Wilayah X untuk kategori Perguruan Tinggi dengan Kerja Sama Industri pada ajang Anugerah Kerja Sama Diktiristek RI. Hal ini semakin mengukuhkan ITP sebagai perguruan tinggi yang telah mengimplementasikan ekosistem kolaborasi dan inovasi bersama mitra industri.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terus memberikan dukungan dan perhatian bagi kemajuan ITP. Tentu kita akan terus berproses untuk menjadi lebih baik melalui inovasi dan kolaborasi yang masif sehingga membawa dampak positif bagi industri dan masyarakat ,” tutur Kepala Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP, Anna Syahrani, M.Eng Rabu (31/07).

Pencapaian ini merupakan amanah bagi ITP untuk memperluas jaringan kerja sama dan memberikan akses seluas-luasnya kepada mahasiswa, untuk membangun kompetensi melalui kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). ITP juga bertekad untuk memperkuat kolaborasi pentahelix, untuk menyelesaikan berbagai isu strategis yang mengarah pada pembangunan berkelanjutan.


Lebih lanjut ia mengungkapkan optimalisasi kerja sama dengan mitra industri dalam program pengembangan akademik, hilirisasi inovasi riset, dan pengabdian kepada masyarakat berkontribusi untuk meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) ITP. Ia juga menambahkan setiap tahun terdapat penyempurnaan pada indikator, target pencapaian, dan pengukuran dampak kerja sama yang dilaksanakan.

Terpilihnya ITP sebagai satu-satunya perguruan tinggi dengan kategori kerja sama industri terbaik di lingkungan LLDikti Wilayah X untuk mengikuti tahapan seleksi Anugerah Kerja Sama Diktiristek Tahun 2024 merupakan hasil dari pengelolaan program kerja sama yang efektif, didukung oleh sistem dokumentasi dan tata kelola administrasi yang baik dari Biro Humas, Kerja Sama, Promosi ITP. Berbagai inovasi yang terus dikembangkan bertujuan untuk mencapai formula terbaik dalam mentransformasi pendidikan tinggi di Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Melansir pernyataan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek RI, Ir. Suharti, M.A., Ph.D. yang menyatakan bahwa Ajang Anugerah Kerja Sama Diktiristek merupakan bentuk apresiasi kepada pemangku kepentingan pendidikan tinggi, riset, dan teknologi, yang telah mendukung program dan kebijakan Ditjen Diktiristek untuk mewujudkan transformasi pendidikan tinggi.

Sepanjang tahun 2024, ITP sudah menjalin beragam bentuk kerja sama dengan mitra yang berasal dari DUDI, lembaga atau organisasi, hingga sesama institusi pendidikan, tidak terbatas pada ranah regional dan nasional, perluasan kemitraan diranah internasional juga terus dilakukan. Hal tersebut sejalan dengan salah satu misi ITP dalam rangka memastikan continuous improvement dan keberlangsungan kualitas output atau produk dan layanan.

Tentunya, pencapaian yang diraih bukanlah sebuah akhir, namun merupakan awal pencapaian yang dapat terus menguatkan semangat ITP untuk menjalin kemitraan dalam kerangka ekosistem kolaboratif yang sinergis.


Created By Widia/Humas