Berita / Akademik /
Percepat Transformasi Layanan Informasi Publik, ITP Ikuti Bimtek Monev Informasi Publik KI Sumbar 2024
Humas | 25 Juli 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Institut Teknologi Padang senantiasa berkomitmen dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik yang transparan, efesien, dan partisipasi. Komitmen ini dibuktikan dengan keikutsertaan ITP dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Monitoring dan Evaluasi (Monev), Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat pada Kamis (25/07) bertempat di Grand Ballroom The ZHM Premier Hotel.

ITP sebagai Badan Publik kategori perguruan tinggi secara berkala berupaya menghadirkan informasi publik yang benar, akurat, dan terpercaya. Salah satu upaya dalam mendorong terciptanya ekosistem keterbukaan informasi publik yang efektif dan efesien, ITP telah mengembangkan sistem informasi yang terukur, teruji dan kompatibel.

Dalam sambutannya Ketua KI Sumbar, Musfi Yendra, S.IP., M.Si mengungkapkan visi besar penyelenggaraan keterbukaan informasi publik adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan berbasis Good Governance. Sehingga perlu sinergi dan kolaborasi dari berbagai elemen guna mewujudkan transformasi layanan informasi publik.

“Mari bersama-sama bergandengan tangan mendorong lahirnya Badan Publik yang transparan dan akuntabel. Keterbukaan informasi publik merupakan keniscayaan yang harus terwujud, keterbukaan informasi publik tidak hanya sekadar memberikan informasi kepada masyarakat namun juga berkaitan dengan pertanggungjawaban kinerja dan penguatan implementasi pelayanan publik, “ tutur ia.

Oleh karena itu, pelaksanaan Monev keterbukaan informasi publik ini merupakan bentuk komitmen dari KI Sumbar untuk mendorong keterbukaan di Badan Publik yang harus tunduk pada ketentuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini diharapkan bisa mengoptimalkan tugas dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi sebagai garda terdepan dalam melakukan pelayanan informasi publik yang berkualitas.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumbar, Ir. Siti Aisyah, M.Si hadir mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar membuka kegiatan Bimtek Monev Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024.

“Pelaksanaan Monev sekaligus menjadi momentum bagi Komisi Informasi untuk mengawal transformasi Badan Publik dalam melaksanakan keterbukaan informasi. Kegiatan ini menjadi tolak ukur untuk melihat sejauh mana penerapan keterbukaan informasi publik di masing-masing Badan Publik di Sumbar ,” ujar ia.

Acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi dari dua narasumber yang merupakan komisioner KI Sumbar, sesi pertama disampaikan oleh Mona Sisca, SP.C, Med. Ia mengapresiasi kehadiran 51 peserta Monev yang terdiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumbar, Instansi Vertikal, dan perwakilan Perguruan Tinggi.

“Selaras dengan tema Monev KI Sumbar tahun ini yaitu “Percepatan Implementasi Visi Komisi Informasi Sumatera Barat melalui Pelaksanaan Monev Keterbukaan Informasi Tahun 2024”, harapannya seluruh Badan Publik memperkuat konsolidasi internal. Selain itu, Badan Publik juga membangun sinergi dengan stakeholder dalam membumikan keterbukaan informasi publik di Sumbar ,” pesan ia.

Sesi penyampaian selanjutnya disampaikan oleh Tanti Endang Lestari, S.IP.,M.Si, ia menerangkan pelaksanaan Monev itu sendiri sudah berjalan semenjak tahun 2014 hingga 2024, artinya sudah 10 tahun terlaksana. Secara keseluruhan, partisipasi Badan Publik dari waktu ke waktu mengalami peningkatan.

“Tingkat partisipasi ini menunjukkan adanya upaya untuk menyediakan akses informasi kepada publik, tidak hanya sebatas partisipasi, kualitas layanan dan akses informasi yang diberikan kepada publik dari hari ke hari juga harus terus ditingkatkan ,” jelas ia.

Untuk setiap pelaksanaan monev, KI Sumbar akan melakukan penilaian secara transparan dan terbuka atas dokumen dan data pendukung yang diberikan oleh masing-masing Badan Publik. Selain itu,  KI Sumbar akan melakukan kajian dan pengukuran atas upaya-upaya Badan Publik dalam melakukan inovasi dan kolaborasi keterbukaan informasi publik.

Acara ditutup dengan pemamaparan tentang sistem E-Monev yang merupakan sebuah sistem informasi, yang diluncurkan oleh Komisi Informasi Sumbar guna menghimpun data dan informasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik.

Created By Widia/Humas