Berita / Akademik /
Ciptakan Ekosistem Riset Internasional, ITP Tingkatkan Kolaborasi Penelitian dengan UMPEDAC Malaysia
Humas | 25 Juli 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Menandai langkah strategis Institut Teknologi dalam pengembangan riset dan inovasi di ranah internasional, kali ini tim delegasi berkunjung ke pusat riset Universiti Malaya Power Energy Dedicated Advanced Center (UMPEDAC), Malaysia pada Kamis (25/04). Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk memperkuat kolaborasi antara lembaga riset dan perguruan tinggi guna memajukan bidang teknologi tepat guna.

Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T, IPM dalam sesi diskusi mengatakan kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari implementasi kerja sama yang telah terjalin antara ITP dan UMPEDAC. Beliau menyebutkan sebelumnya Program Studi Teknik Elektro ITP menggelar Online Tour to All UMPEDAC pada tahun 2021 lalu.

“Harapannya ke depan akan terbuka berbagai peluang kerja sama baik dalam aspek akademik maupun penelitian antara ITP dan UMPEDAC, baik dalam kerangka program Research Collaboration, Joint Publication, dan Visiting Lecturer. Selain itu, semoga ke depan ITP juga dapat memiliki pusat riset yang dapat berkontribusi dalam kemajuan ilmu dan teknologi dunia ,” ungkap Rektor.

Sebagai tahap awal tindak lanjut dari implementasi kolaborasi riset internasional ini adalah pengembangan riset, yang diinisiasi oleh Dr. Eng. Ir. Yusreni Warmi, S.T., M.T., IPM bersama Ketua LP2M ITP., Dr. Ir. Nofriady Handra, M.Sc, IPM, ASEAN. Eng, APEC Eng dan salah satu dosen Prodi Teknik Elektro Sarjana ITP, Sitti Amalia, M.T.

Dalam kesempatan ini juga Rektor ITP mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada salah satu dosen Prodi Teknik Elektro Sarjana ITP, Fauzan Ismail, Ph.D yang telah berhasil menyelesaikan studi Doktoralnya di Universiti Malaya, setelah menjalani Ujian Promosi Doktor pada tanggal 23 Juli 2024.

Pencapaian ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Fauzan Ismail, Ph.D. sendiri, tetapi juga bagi sivitas akademika ITP secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa dosen-dosen di lingkungan kampus ITP terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi akademiknya demi memberikan kontribusi yang lebih besar dalam dunia pendidikan dan penelitian.

Pada kunjungan akademik ini delegasi ITP disambut hangat oleh Founder and Director of UMPEDAC, Professor Ir. Dr Nasrudin Bin Abd Rahim beserta tim peneliti UMPEDAC. Ia menuturkan UMPEDAC merupakan pusat penelitian Universiti Malaya dalam bidang energi terbarukan, UMPEDAC berfokus pada pengembangan riset aplikatif yang diaplikasi di berbagai sektor industri.


Di samping energi terbarukan, bidang khusus lain dari pusat ini adalah elektronika daya, motor dan penggerak, energi daya, otomatisasi dan kontrol, kualitas daya dan proteksi sistem, sistem jaringan pintar, sistem transportasi pintar, serta sistem efisiensi energi. Hal ini tentu menjadi peluang bagi berbagai bidang keilmuan lainnya di ITP untuk menjalin Research Collaboration.

Sesi diskusi ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua institusi dan sesi foto bersama.

Delegasi ITP yang dipimpin oleh Rektor ITP yang didampingi oleh WR II ITP, Ketua LP2M ITP, Perwakilan dosen ITP, dan Kepala PLT ITP, Hamdi Habdillah, M.Kom berkesempatan untuk melakukan kunjungan laboratorium ke the UMPEDAC Solar Garden, Solar PV Module Research Laboratory and, Renewable Energy Research Laboratory.

Tim delegasi ITP diperkenalkan dengan fasilitas mutakhir dan memperoleh pengetahuan tentang kegiatan akademik dan penelitian yang dilakukan di HICoE UMPEDAC. Selain itu, juga mendapatkan pengalaman langsung tentang sistem PV surya dari sel hingga sistem pemantauan di samping aplikasi lain seperti Sistem Termal PV Surya.

Created By Widia/Humas