Berita / Akademik /
Satukan Visi Bersama, ITP Gelar Sosialisasi Pemilihan Bacalon Rektor ITP Periode 2025-2029
Humas | 26 Juni 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang (ITP) Kembali menyelenggarakan pemilihan Rektor ITP Periode 2025-2029, bergulirnya pemilihan pucuk pimpinan tertinggi ITP ditandai dengan dimulainya tahap penjaringan bakal calon Rektor sebagai tahap awal pemilihan Rektor. Bersiap akan hal tersebut panitia pemilihan Rektor ITP bersama Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP) menyelenggarakan sosialisasi pemilihan Bakal Calon Rektor Periode 2025-2029 pada Rabu (26/06) di Aula Gedung D ITP.


Ketua panitia pemilihan Rektor ITP, Fajrin, M.Si menyampaikan sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian tahap penjaringan bakal calon Rektor ITP. Ia menjelaskan pada pemilihan Rektor ITP periode kali ini ada beberapa proses yang akan dilalui oleh bakal calon Rektor ITP, rangkaian tahap ini diadakan agar pemilihan Rektor ITP dapat berjalan dengan transparan dan demokratis.

Wakil Pengurus YPTP, Ir. Wilton Wahab, M.Eng bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini. Beliau mengajak seluruh sivitas akademika ITP untuk bersama-sama menyukseskan ajang lima tahunan terbesar di ITP, ia menekankan bahwa ITP adalah milik bersama, sehingga proses pemilihan Rektor ini merupakan tanggung jawab bersama.


Dalam sosialisasi ini memaparkan tahap seleksi pemilihan calon yang dibagi menjadi empat tahap, yaitu penjaringan bakal calon, penyaringan calon, pemilihan calon, penetapan dan pelantikan Rektor terpilih. Dimana hal ini diatur dalam Peraturan Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Nomor 86/YPTP/ITP/SK/1/IV-2024.

Lebih dalam mengenai hasil seleksi administrasi bakal calon Rektor ITP, calon yang memenuhi syarat akan mendapatkan kesempatan untuk memaparkan program kinerja mereka secara terbuka pada seluruh daftar pemilih tetap yang merupakan dosen tetap aktif ITP (dosen tetap YPTP dan dosen PNSD).


Terakhir lewat sosialisasi ini, ia berharap keterlibatan semua komponen ITP dalam menetapkan figur pemimpin ITP di masa depan. Figur pemimpin ITP yang mampu terus berinovasi, cerdas dalam menangkap berbagai peluang, serta mengembangkan aspek-aspek yang menjadi tolak ukur penilaian kualitas institusi perguruan tinggi.

“Harapannya seluruh tahapan pemilihan Rektor ITP Periode 2025-2029 dapat berlangsung tertib, taat peraturan perundang-undangan, dan berjalan secara transparan. Tujuannya agar membangun asa yang lebih baik untuk mencapai prestasi terbaik ITP di masa yang akan dating, “ harap ia.


Agenda sosialisasi ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara peserta sosialisasi bersama narasumber. Terdapat berbagai saran dan masukan terkait rangkaian proses pemilihan Rektor ITP sebagai bahan pertimbangan serta masukan dalam menetapkan bakal calon.

 

Created By Widia/Humas