Berita / Akademik /
Menuju Pembangunan Berkelanjutan, Fakultas Vokasi ITP Gandeng Kelurahan Bungo Pasang Rancang Desa Binaan Berbasis Pendekatan Multi-Sektoral
Humas | 11 Juni 2024
Foto : Humas Institut Teknologi Padang

Sebagai institusi yang menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Teknologi Padang melalui Fakultas Vokasi ITP menyelenggarakan penjajakan kerja sama dengan pemerintah Kelurahan Bungo Pasang, dalam kerangka pengabdian kepada masyarakat melalui program Desa Binaan. Program ini merupakan langkah strategis Fakultas Vokasi ITP dalam membantu masyarakat menyelesaikan masalah mereka melalui pendekatan multisektoral.

Kunjungan yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Vokasi ITP, Mulyati, M.T., diterima oleh Marianis selaku Kasi Tata Pemerintahan Kelurahan Bungo Pasang yang didampingi Adi Yaman selaku salah satu Staf Pemerintahan Kelurahan Bungo Pasang, di Kantor Kelurahan Bungo Pasang, Jumat (07/06).


Dalam kegiatan kunjungan ini, Dekan Dekan Fakultas Vokasi ITP turut didampingi oleh Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, Asnal Effendi, S.T., M.T., Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung, Misbah, M.T., dan staf Biro Humas, Kerja Sama, dan Promosi ITP, Elsa Indah Sari, S.Kom.

Pada sesi diskusi, kedua belah pihak membicarakan potensi kegiatan kerja sama yang akan dilaksanakan baik di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan peluang kerja sama lainnya.


Marianis menyambut baik jalinan kerja sama dengan ITP, ia menyampaikan apresiasi besar terkait gagasan ITP dalam menumbuhkan kawasan binaan. Ia mengatakan dengan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada, Kelurahan Bunga Pasang memiliki tantangan melaksanakan pembangunan, sehingga butuh sinergi dan kolaborasi dengan perguruan tinggi.


“Saya yakin ITP adalah perguruan tinggi yang sangat inovatif dan berkualitas, dan ini adalah kerja sama yang bukan saja baik, tetapi juga mulia karena membawa dampak langsung kepada masyarakat. Selain itu program desa binaan ini juga membangun keunggulan kompetitif Kelurahan Bunga Pasang dalam hal penerapan dan pengaplikasian teknologi “ ungkap ia.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Vokasi ITP menyampaikan bahkan ITP secara aktif dan berkelanjutan senantiasa ikut serta dalam memfasilitasi program pemberdayaan masyarakat. Ia menambahkan Program Desa Binaan ini bertujuan untuk membantu masyarakat desa untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi mereka dengan memfasilitasi akses warga ke informasi dan pengetahuan.


Ia menuturkan program ini memberdayakan masyarakat desa untuk mengoptimalkan potensi mereka untuk memanfaatkan sumber dayanya. Sebagai instansi pendidikan, ITP mengembangkan program pemberdayaan masyarakat berdasarkan penerapan Teknologi Tepat Guna dengan mengutamakan Sains, Teknologi, Seni, dan Budaya.

“Perguruan Tinggi juga bertanggung jawab dan berperan penting dalam menyelesaikan berbagai masalah yang muncul di masyarakat. Oleh karena itu, melalui Program Desa Binaan ini ITP merancang program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di  Kelurahan Bunga Pasang, “ tutur ia.


Harapannya jalinan kerja sama ini dapat mendukung pembangunan dan pelayanan di Kelurahan Bungo Pasang. Serta kedepannya, ITP akan merancang Program Desa Binaan menjadi potensi tumbuh dari research university menjadi innovative university, agar semua potensi ITP yang relevan dengan isu strategis di masyarakat dapat dimanfaatkan untuk berkreasi dan berinovasi.

 

Created By Widia/Humas