Berita / Akademik /
Kado Indah Dies Natalis ke-51, ITP Kukuhkan Prof. Maidiawati sebagai Guru Besar dalam bidang Struktur Beton Bertulang dan Dinding Masonry
Humas | 21 Februari 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang kembali melahirkan Guru Besar. Kali ini, dosen dari Program Studi Teknik Sipil, Prof. Dr. Maidawati, S.T., M.Eng. IPM resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar ITP pada bidang Struktur Beton Bertulang dan Dinding Masonry. Prosesi pengukuhan diselenggarakan dalam rapat senat luar biasa yang berlangsung Rabu (21/02) di Aula Gedung D Kampus I ITP sebagai puncak peringatan Dies Natalis ITP ke 51.

Dalam prosesi pengukuhan, Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. M.T., IPM mengungkapkan kebanggaannya kepada Prof. Maidiawati yang berhasil mencapai jabatan akademik tertinggi sebagai seorang dosen. Rektor menyatakan pelantikan Prof. Maidiawati sebagai Guru Besar kedua ITP merupakan momentum yang sangat penting dalam capaian akademik sebuah perguruan tinggi.


“Saya mengucapkan selamat dan sukses atas pengukuhan Prof. Maidiawati sebagai Guru Besar, hal ini merupakan capaian luar biasa yang dapat dijadikan teladan yang memberikan motivasi dan inspirasi bagi kita semua. Harapannya dengan pengukuhan ini, Prof. Maidiawati dapat terus berkarya dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan pendidikan di Indonesia ,” ungkap Rektor.


Sebelum dikukuhkan, Prof. Maidiawati menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul “Model Analitik Dinding Mansory untuk menentukan Indeks Seismik Gedung Beton Bertulang”. Melalui paparan studi kasus dan riset penelitian yang telah dilakukan, Prof. Maidiawati menggarisbawahi asesmen kapasitas seismik untuk gedung eksisting di daerah rawan gempa sangat direkomendasikan.

“Kesimpulannya, jika bangunan memiliki nilai kapasitas seismik yang tidak memadai untuk daerah rawan gempa maka direkomendasikan untuk dilakukan perkuatan struktur dengan tujuan mencegah terjadi keruntuhan bangunan dan mencegah terjadinya korban jika terjadi gempa di masa yang akan datang, “ jelas Prof. Maidiawati.


Pengukuhan Guru Besar ini ditandai dengan pemasangan kalung kehormatan yang dipasangkan langsung oleh Rektor ITP  yang didampingi oleh Wakil Rektor II, Yusreni Warmi, Dr. Eng. Prosesi pemasangan kalung kehormatan ini juga disaksikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, S. H., M.Pd, jajaran pembina dan pengurus  Yayasan Pendidikan Teknologi Padang.

Ketua Yayasasan Pendidikan Teknologi Padang, Ampri Satyawan, S.E., M.M menekankan, Yayasan berkomitmen mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas. Ia menambahkan sejumlah kontribusi yang sudah dirancang dan dijalankan ITP merupakan langkah mendukung pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.


Pengukuhan Guru Besar Prof. Maidiawati menjadi kado terindah perjalanan ITP dalam usia ke 51 Tahun. Dengan mengintegrasikan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam, Guru Besar menjadi tulang punggung dalam menciptakan lingkungan akademis yang dinamis dan memberikan inspirasi bagi generasi mendatang, “ ucap ia.


Dalam prosesi pengukuhan Guru Besar kali ini, turut dihadiri oleh keluarga besar, kolega, dan kerabat Prof. Maidiawati. Prosesi pengukuhan Profesor asal Pesisir Selatan ini dibalut dengan rasa kekeluargaan dan suasana yang hangat.

Created By Widia/ Humas