Berita / Akademik /
ITP Gelar Rapat Kerja 2024, Wujudkan Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Good University Governance
Humas | 06 Februari 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid
Dalam rangka koordinasi awal dalam pengelolaan rancangan program kerja dan anggaran, Insitut Teknologi Padang menyelenggarakan Rapat Kerja Tahun 2024 bertajuk “Good University Governance” bertempat di Aula Gedung D Kampus I ITP. Rapat kerja merupakan kegiatan sebagai wujud pengendalian dan peningkatan dari proses Tri Dharma yang telah dilaksanakan dan standar Sistem Penjaminan Mutu Internal yang diterapkan ITP sebagai output dari budaya mutu.



Rapat kerja ini berlangsung selama dua hari terhitung sejak tanggal 5 Februari hingga 6 Februari 2024 yang diikuti para pimpinan dilingkungan ITP, yakni Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang beserta anggota, Rektor beserta jajaran Wakil Rektor, Ketua Senat beserta anggota, Dekan Fakultas Teknik ITP, Dekan Fakultas Vokasi ITP, Ketua Program Studi, dan pejabat struktural di lingkungan ITP.



Dalam penyampaian arahannya , Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang (YPTP), Ampri Satyawan, S.E., M.M. menyampaikan bahwa perkembangan dan perubahan dunia sangat pesat dan kompetitif.


Oleh karena itu perlu sistem, struktur, dan budaya peguruan tinggi yang fleksibel dan adaptif dalam rangka membangun sistem pengendalian internal serta manajemen resiko yang handal, terukur, dan terarah.



Ia menuturkan rapat ini bertujuan untuk membangun sinergi dan konsistensi, bahkan lompatan tentang pencapaian target prioritas dan kegiatan sesuai tugas pokok dan fungsi seluruh sivitas akademika ITP. Rancangan program kerja berdasar pada prinsip-prinsip dasar good university governance yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian, dan kesetaraan.


“Harapannya koordinasi rencana kerja lintas unit kerja dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi beserta sumber daya pendukungnya dapat meningkatkan posisi daya saing kampus semakin kuat, konsisten, dan berkesinambungan. Selanjutnya pengelolaan sumber daya dan manajemen resiko yang lebih efektif dan efektif, serta peningkatan capaian nilai dan kepercayaan seluruh pemangku kepentingan , “ ujar Ketua Pengurus YPTP.



Dalam pelaksanaan rapat kerja tahunan ini setiap unit kerja akan memaparkan usulan program kerja tahun 2024 masing-masing dan kemudian akan diberikan tanggapan maupun masukan dari Pengurus YPTP, Senat Akademik, Pimpinan ITP serta seluruh peserta rapat kerja. Selanjutnya dilakukan peninjauan terhadap usulan program kerja unit kerja dan memberikan masukan terkait relevansi dan efektivitas program kerja yang diusulkan.



Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. MT., IPM. dalam paparannya mengatakan kualitas proses belajar mengajar dan pendidikan yang menjadi tolok ukur utama perguruan tinggi, menjadi perhatian utama dalam mengelola manajemen pendidikan di ITP. Ia meyakini bahwa kualitas pendidikan yang baik, akan terlihat dari kualitas alumni yang terserap dalam dunia kerja.



“Rapat kerja ini merupakan langkah ITP dalam merumuskan tata kelola perguruan tinggi yang unggul, terintegrasi, dan holistik. Rancangan program kerja yang disusun berdasar pada rencana strategis ITP dalam menghadapi tantangan dan peluang potensial yang akan dihadapi ITP dimasa depan, “ ungkap Rektor.



Rektor mengharapkan perencanaan dan penganggaran yang dilakukan akan sesuai dengan kegiatan yang menjadi prioritas untuk mendukung sasaran atau indikator kinerja baik Indikator Kinerja Utama (IKU). Hal ini dibahas guna menunjang tercapainya iklim akademik yang ekselen.

“Dengan adanya rapat kerja ini diharapkan arah pengembangan ITP akan berjalan dalam satu koridor sesuai dengan visi dan misi ITP menuju perguruan tinggi bertaraf internasional ,” tutup Rektor.


Created By Widia/Humas