Berita / Akademik /
Tingkatkan Mutu dan Profesional Mahasiswa, Vokasi ITP Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Las SMAW 3G
Humas | 24 Januari 2024
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Institut Teknologi Padang bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2 Balai Pelatihan Vokasi Produktivitas (BPVP) Padang mengadakan uji sertifikasi kompetensi bidang teknik pengelasan skema Las SMAW 3G bagi 12 mahasiswa Prodi Teknik Mesin Diploma III ITP. Uji sertifikasi kompetensi ini diselenggarakan selama dua hari mulai dari tanggal 24 Januari hingga 25 Januari 2024 bertempat di Laboratorium Teknik Mesin ITP.


Dalam sambutannya, Rektor ITP, Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. MT., IPM menyampaikan program ini merupakan langkah progresif ITP dalam rangka meningkatkan serapan lulusan dalam ranah pascakampus yang profesional dan berintegritas.

Uji kompetensi ini merupakan proses penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi mahasiswa yang setara dengan kualifikasi kompetensi tenaga teknik pengelasan skema Las SMAW 3G. Dimana melalui program ini mahasiswa tidak hanya mendapatkan ijazah, namun dilengkapi dengan sertifikat kompetensi keahlian yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).


Rektor mengungkap inovasi program sertifikasi ini merupakan langkah nyata komitmen ITP dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap memenuhi pasar kerja yang dinamis. Rektor menuturkan program ini meningkatkan motivasi dan produktivitas mahasiswa untuk mengasah keterampilan mahasiswa di bidang pengelasan.

Baca juga : ITP Hadirkan Pendidikan Relevan, Komitmen Cetak Talenta Muda Siap Kerja Lewat Sertifikasi

“Pesan untuk seluruh mahasiswa peserta program pelatihan teknik pengelasan skema Las SMAW 3G Prodi Diploma III ITP agar fokus dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti uji sertifikasi kompetensi ini. Harapannya semoga seluruh mahasiswa pelatihan lulus dan berhasil meraih hasil kompeten ,” ungkap Rektor ITP.


Fauzi Akbar, S.Pd selaku asesor dari LSP P2 BPVP Padang mengatakan uji kompetensi meliputi ranah penilaian kompetensi praktikal bidang teknik pengelasan, penguasan materi bidang teknik pengelasan, dan penilaian dari segi sikap selama pelaksanaan uji kompetensi. Ia menambahkan terdapat tiga tahapan pelaksanaan proses uji kompetensi yaitu tes tulis, tes praktek, dan tes wawancara.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Dedi Wardianto selaku Kepala UPT Laboratorium Teknik Mesin ITP menuturkan program sertifikasi ini memberikan bekal awal bagi mahasiswa dalam berdaya saing di dunia industri. Sehingga, saat terjun ke lapangan mahasiswa sudah menguasai keterampilan dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang selaras dengan Rencana Pembangunan Nasional Republik Indonesia.


“Saya optimis mahasiswa peserta pelatihan dapat meraih hasil yang optimal dalam uji sertifikasi kompetensi ini, karena mahasiswa telah mengikuti pelatihan yang intensif selama 24 hari kerja. Pelatihan ini merupakan kolaborasi aktif antara praktisi ahli dan akademisi yang berpengalaman di bidang teknik pengelasan, “ tutur ia.


Ka. UPT Laboratorium Teknik Mesin mengatakan program ini merupakan wujud nyata komitmen ITP dalam memberikan pendidikan yang relevan dan berkualitas, hal ini dibuktikan dengan material pendukung praktek yang representatif. Selain itu, mahasiswa yang terlibat dalam program ini juga sangat disiplin dan memiliki keterampilan softskills yang mumpuni.


Pada pembukaan uji sertifikasi kompetensi mahasiswa Prodi Teknik Mesin Diploma III ITP, turut hadir Wakil Rektor I ITP, Firmansyah David, Ph.D, Dekan Fakultas Vokasi ITP, Mulyati, M.T., Ka.Prodi Teknik Mesin Diploma Ismet Eka Putra, S.T, M.T., Ka. Prodi Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik, Asnal Effendi, S.T, M.T, Ka. Prodi, Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung, Misbah, M.T., Instuktur Weilding BPVP Padang, Agusten, dan seluruh dosen Teknik Mesin Diploma III ITP.

 

Created By Widia/Humas