Berita / Akademik /
Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Bersama ITP, Dorong Percepatan Perkembangan Ekonomi Nasional Lewat Teknologi Digital
Humas | 02 Oktober 2023
Foto : Panitia Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Bersama ITP

Institut Teknologi Padang (ITP) bekerja sama dengan kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah Kota Padang, Aruna, dan Botika menggelar Roadshow gerakan nasional 1000 Startup Digital pada pada Rabu (27/09) dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Sumatera Barat . Kegiatan ini dihadiri oleh 593 peserta yang bergabung melalui platform Zoom Meeting dan Live Streaming pada Kanal Youtobe ITP.


Rektor ITP,  Dr. Ir. H. Hendri Nofrianto. MT., IPM dalam sambutannya, didampingi oleh jajaran pimpinan dan pejabat struktural di lingkungan ITP menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian inovasi digital dan bagaimana inovasi ini menjadi kunci membangun potensi kolaborasi yang kuat pada gerakan nasional 1000 Startup Digital. Inovasi digital adalah sebuah kata kunci yang mendefinisikan masa depan bisnis dan teknologi karena inovasi  adalah pendorong utama perubahan.

“Selamat datang kepada seluruh undangan, peserta, para pelaku industri digital, dan pemimpin Startup dalam misi membangun sumber daya manusia melalui pendekatan yang berbasis komunitas. Inovasi digital merupakan benang merah dalam kolaborasi ini, harapannya seluruh pihak yang terlibat dapat menjaga komitmen dengan inovasi dan kolaborasi sebagai pondasi menciptakan masa depan yang cerah untuk perkembangan industri digital di Indonesia, “ ujar Rektor.


Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Bobby Firman, S.Ip, M.M, M.H. secara resmi membuka Roadshow gerakan nasional 1000 Startup Digital  bersama ITP dan mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah dalam membangun ekosistem Startup yang kolaboratif dan inklusif di Provinsi Sumbar.

Pemerintah Kota (Pemko) Padang membangun kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan meliputi pemerintah pusat, pihak swasta, akademisi dan masyarakat untuk memberikan fasilitas dan infrastruktur, agar sektor-sektor strategis dapat  mengembangkan potensinya diruang digital. Selain itu, Pemko Padang juga merancang penerapan kebijakan guna tercipta ruang digital yang produktif dan aman dalam upaya mewujudkan transformasi digital.

“Untuk itu kita jadikan kegiatan ini menjadi suatu peristiwa penting, sekaligus momentum melaksanakan percepatan transformasi digital demi memulihkan dan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan  ekonomi nasonal lewat teknologi digital, “ ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang.

Analis Data dan Informasi Kementrian Kominfo RI, Bayu Aprilananda Sujatmoko menjelaskan kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menciptakan masyarakat ekonomi digital Indonesia. Gerakan ini akan menciptakan berbagai perusahan rintisan yang berbasis digital yang akan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor pengggeraknya.


Utari Octavianty selaku Co-Founder and Chief Sustainability Officer Aruna dan panelis pada roadshow gerakan nasional 1000 Startup Digital ini dalam presentasinya menyampaikan profil Aruna, program-program unggulan Aruna, serta membagikan tips-tips dalam membangun sebuah Startup kepada para peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Galuh Koco Sadewo, Chief Business Development and Partnership Botika mengungkapkan perjalannya bersama tim dalam membangun Botika sebagai salah satu Startup yang bergerak dibidang Teknologi dan Artificial Intelligent. Ia juga menjelaskan keterampilan Softskills merupakan faktor kunci dalam membangun sebuah startup, selain itu tim yang solid adalah bagian terpenting dalam perjalanan sebuah bisnis.


Pada akhir sesi, Anna Syahrani, M.Eng. selaku ketua Pelaksana kegiatan Roadshow gerakan nasional 1000 Startup Digital bekerja sama dengan ITP, memimpin jalannya diskusi panel Inovasi Digital dalam Membangun Potensi Kota Padang. Beragam pertanyaan hadir dari seluruh peserta kepada masing-masing panelis sehingga kegiatan semakin menarik.

Harapannya dengan terselenggaranya gerakan nasional 1000 Startup Digital dapat membangun semangat dan pola pikir kewirausahaan yang dapat menemukan potensi untuk membentuk Startup baru bagi generasi muda.

 

Created By Widia/Humas