Berita / Akademik /
Optimalkan Sinergi dengan Perguruan Tinggi Mancanegara, ITP Jajaki Kerja Sama dengan Tiga Universitas Korea Selatan
Humas | 12 September 2023
Foto : Youtobe

Dalam Komitmen menuju World Class University, Institut Teknologi Padang (ITP) terus berupaya membangun jejaring internasional dengan berbagai perguruan tinggi mancanegara. Beragam langkah konkret terus dilakukan oleh ITP dalam rangka perluasan kolaborasi dalam sektor ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi guna transformasi pendidikan berwawasan global.

Salah satu upaya ITP adalah melakukan penjajakan kerja sama dengan perguruan tinggi Korea Selatan yang difasilitasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III. Kegiatan penjajakan kerja sama ini diselenggarakan secara luring bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara LLDIKTI Wilayah III dan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin (12/09), yang dihadiri oleh perguruan tinggi dibawah LLDIKTI Wilayah III, Humas LLDIKTI Wilayah X, perwakilan perguruan tinggi dibawah LLDIKTI Wilayah X, dan perwakilan dari perguruan tinggi Korea Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc menyampaikan jejaring kolaborasi antara perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah III dan perwakilan perguruan tinggi LLDIKTI Wilayah X, dengan perguruan tinggi Korea Selatan merupakan langkah yang baik dalam akselerasi kualitas pendidikan yang kolaboratif mewujudkan perguruan tinggi berkelas dunia.

“Kami sangat menerima dengan tangan terbuka dan merespon positif jalinan kerja sama antara perguruan tinggi lintas negara ini. Harapannya seluruh perguruan tinggi yang terlibat dapat memanfaatkan kesempatan ini seoptimal mungkin serta seluruh program kerja sama yang dituangkan dalam MoU dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen oleh kedua belah pihak ,” ucap Prof. Toni.


Dalam kegiatan ini turut hadir Prof. Kim Soo Il, Advisor to President of Universitas Nasional Korea Selatan, serta tiga universitas Korea Selatan yaitu Sehan University, Jungwon University, dan Kyungdong University. Dalam pertemuan ini fokus pembahasannya adalah mengenai MoU yang akan ditandatangani mengacu pada penguatan kemitraan di lingkungan perguruan tinggi sesuai dengan Kepmendikbud No 210/M/2023.

Prof. Kim mengungkap ucapan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah X yang telah mendorong kerja sama antara perguruan tinggi Indonesia dan Korea Selatan. Ia menambahkan ini merupakan langkah konkret dan realistis perguruan tinggi Korea Selatan dalam membangun jejaring kerja sama, perguruan tinggi Korea Selatan menilai Indonesia merupakan negara ideal sebagai mitra kolaborasi.

“Dalam era globalisasi seluruh pihak harus senantiasa membangun sinergi dan kolaborasi, pemilihan Indonesia sebagai mitra merupakan pilihan yang tepat. Antara Indonesia dan Korea Selatan telah terbangun jalinan kerja sama yang baik dalam berbagai sektor, diantaranya industri, ekonomi, budaya, pendidikan, kesehatan yang sangat komprehensif, luas, dan mendalam , “ ungkap Prof. Kim.


Pada kesempatan ini turut dibahas peluang program kerja sama yang akan diselenggarakan diantaranya pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, double deegre dan beragam program lainnya. Disamping itu, sebagai tindak lanjut dari penjajakan kerja sama ini adalah penandatangan MoU yang dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 20 September 2023 bertempat di London School of Public Relations Jakarta.

Sebagai langkah persiapan MoU, Humas LLDIKTI Wilayah III menyampaikan informasi terkait persiapan materi, informasi, serta hal teknis lainnya berkaitan dengan pelaksanaan MoU. Harapan jejaring kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan berkelanjutan demi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Nasional.

Created By Widia/Humas