Berita / Akademik /
Wujudkan generasi Berkarakter, Inovatif, dan Profesional, PKKMB ITP 2023 resmi dibuka
Humas | 19 September 2023
Foto : Humas ITP - Umar Hanafi Khalid

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Institut Teknologi Padang (ITP) 2023 resmi dibuka Selasa (19/09) bertempat di Pelataran Gedung D ITP.  Kegiatan PKKMB ITP 2023 mengusung tema “ Membentuk Engineer Muda yang Berkarakter, Inovatif dan Profesional”  di hadiri oleh jajaran Pimpinan ITP, jajaran pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, Ketua Senat dan anggota,  pejabat struktural, tenaga kependidikan, panitia PKKMB ITP 2023, serta segenap Engineer Muda ITP.

PKKMB merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi dari siswa menjadi mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.


“Selamat datang kepada seluruh Engineer Muda, yang telah hadir hari ini di kampus ITP dengan semangat tinggi dalam rangka mewujudkan impian menyongsong masa depan. Dengan penuh rasa bangga kami menyambut kehadiran ananda semua, para generasi muda yang unggul, terbaik, dan terpilih untuk menjadi bagian dari keluarga besar Institut Teknologi Padang, “ ucap Ketua Panitia PKKMB ITP 2023, Dr. Harison, M.Kom.

Ia mengungkapkan sesuai dengan tema PKKMB ITP 2023 yakni membentuk Engineer Muda yang berkarakter, Inovatif, dan Profesional, terselip harapan semoga rangkaian kegiatan PKKMB ini menjadi langkah awal para mahasiswa baru ITP angkatan 2023 membangun karakter diri dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang selaras dengan perkembangan zaman.


Dalam sambutannya Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T. menyampaikan momentum PKKMB menjadi gerbang awal bagi para mahasiswa baru untuk memperkuat dan meningkatkan keterampilan diri selaras dengan perkembangan zaman. Menurut Rektor dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 mahasiswa harus memiliki kompetensi 4C pembelajaran Abad 21.

“Seorang mahasiswa, para Engineer Muda harus mulai menyadari peran dan tanggung jawabnya sebagai sosok insan pendidikan sejati. Idealnya seorang mahasiswa harus mampu memupuk semangat dan kolaborasi, membangun komunikasi yang baik, inovasi dan kemampuan beradaptasi telah menjadi budaya belajar kaum intelektual menuju transformasi pendidikan berkualitas global, “ ujar Rektor.


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengurus Yayasan yang diwakili oleh Ir. Wilton Wahab, M.Eng yang memberikan pesan kepada para mahasiswa baru angkatan 2023 untuk disiplin dan bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan. Ia menambahkan generasi muda merupakan pilar kemajuan bangsa sehingga para generasi muda harus menjaga mandat dan tanggung jawab  sebagai sosok pembelajar sejati.

“Seorang mahasiswa diharapkan untuk terus belajar untuk memperkuat kapasitas serta kompetensi diri dalam setiap jengkal ruang kesempatan ,” terang ia.


Acara pembukaan PKKMB turut dihadiri oleh Dirut Bank Nagari Cabang Utama, Bapak Yasrizal Idrus, S.H, ia mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru angkatan 2023 yang telah berhasil bergabung menjadi keluarga besar ITP dan berpesan untuk menjalani proses pendidikan dengan sebaik-baiknya demi masa depan. Selain memberikan sambutan, beliau juga menyerahkan secara simbolik beasiswa pendidikan sebesar Rp 50.000.000,- kepada 25 orang engineer muda angkatan 2023.


Pembukaan PKKMB ITP 2023 secara resmi dibuka dengan disematkannya jas almamater ITP kepada perwakilan mahasiswa baru. PKKMB ITP 2023 akan berlangsung selama tiga hari dan diisi dengan pembekalan materi dan pengasahan softskills. Seluruh rangkaian acara dikonsep untuk memberikan pembelajaran yang menarik, progesif, dan kreatif.

 

Created By Widia/ Humas