Berita / Akademik /
ITP Gandeng BRIN dalam Pengembangan Manajemen Talenta Nasional, Tingkatkan Kualitas SDM Berkarakter Unggul dan Berdaya Saing Global
Humas | 31 Juli 2023
Foto : Humas ITP- Widia Afrianti

Institut Teknologi Padang (ITP) menggandeng Badan Riset dan Inovasi (BRIN) untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan  membangun talenta unggul bidang riset dan inovasi, tidak hanya di level nasional, namun juga dapat berdaya saing di level internasional. Dalam rangka tindak lanjut hal tersebut ITP melaksanakan diskusi secara daring untuk membahas berbagai peluang kerja sama pada Jum’at (28/07).


Diskusi dihadiri oleh perwakilan BRIN yaitu Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi dan Material, Prof.Dr.Ratno Nuryadi, M.Eng, sementara itu dari ITP hadir Rektor ITP, Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T. yang didampingi oleh Wakil Rektor  I ITP, Firmansyah David, Ph.D dan Wakil Rektor II ITP, Yusreni Warmi, Dr.Eng, Dekan Fakultas Teknik ITP, Maidiawati, Dr.Eng, Kepala Biro Humas, Kerja sama, dan Promosi ITP, Anna Syahrani, M.Eng, dan Kepala Pusat Layanan Terpadu ITP, Hamdi Habdillah, M.Kom.

Pertemuan dibuka oleh Anna Syahrani, M.Eng selaku moderator dan dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor ITP, dalam sambutannya Rektor menyampaikan ITP sangat mendukung berbagai peluang dan kesempatan bagi seluruh civitas akademika ITP untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas dirinya.

“ITP merupakan perguruan tinggi yang berorientasi menciptakan SDM Unggulan, harapannya dengan adanya kolaborasi ini dapat menjadi wadah untuk mewujudkan SDM yang professional dan berdaya saing, “ ujar Rektor.


Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Prof. Ratno, ia menyampaikan BRIN sangat terbuka untuk berkolaborasi, harapannya kolaborasi yang akan dilaksanakan kedepannya dapat direalisasikan dalam berbagai program yang mendukung pengembangan SDM. Salah satu program yang menjadi fokus diskusi kali ini adalah Degree by Reseach (DBR), yang merupakan program bantuan biaya pendidikan yang ditujukan bagi PNS dan SDM lainnya.

“Program ini merupakan bantuan biaya pendidikan untuk melanjutkan studi pendidikan formal jenjang S2 dan S3 yang berbasis kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap) ilmu pengetahuan dan teknologi, tanpa meninggalkan tugas kedinasan. Progam DBR ini bertujuan untuk menciptakan  talenta unggul di bidang riset dan inovasi, meningkatkan kapasitas talenta riset dan inovasi, kolaborasi dan publikasi bersama,” ungkap Prof. Ratno.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pada program DBR ini peserta diberikan biaya pendidikan berupa uang kuliah tunggal dan dana bantuan riset selama masa perkuliahan dengan syarat yang telah ditetapkan BRIN. Pada kesempatan diskusi ini Prof. Ratno memberikan informasi terkait persyaratan yang harus dipenuhi peserta, co-promotor dari kampus dan co-promotor dari BRIN, dokumen persyaratan peserta program DBR, dan alur proses program DBR.

Dalam kesempatan ini, Prof. Ratno menyatakan program DBR memberikan kesempatan bagi periset untuk dapat meningkatkan kompetensi diri, sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas dan keunggulan institusi demi tercapainya visi strategis institusi. Ia berharap kedepannya kolaborasi yang terbangun antara ITP dan BRIN dapat berperan dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEK dan riset nasional.

Kegiatan ini ditutup dengan diskusi dan sesi tanya jawab antara pihak ITP dan BRIN.

Created By Widia/Humas