Berita / Akademik /
Perkuat Transformasi Pendidikan dengan Inovasi Pembelajaran Abad ke-21, Prodi Teknik Informatika ITP Selenggarakan Pelatihan IoT bagi Tenaga Pendidik di SMKN 1 Lintau Buo
Humas | 22 Juli 2023
Foto : Busran, S.Pd.,M.T. dan Anna Syahrani, M.Eng

Perkembangan teknologi 4.0 menuntut tenaga pendidik  meningkatkan keterampilan teknologi dan informasi, hal ini bertujuan untuk menunjang pemahaman tenaga pendidik  dalam perkembangan media pembelajaran berbasis digital. Perguruan Tinggi memiliki peran dalam memberikan informasi terkait inovasi dan perkembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup, terutama dalam bidang pendidikan.


Sebagai bentuk nyata komitmen pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Institut Teknologi Padang (ITP) melalui Program Studi (Prodi) Teknik Informatika menggelar Pengabdian Masyarakat dalam bentuk “Pelatihan Internet of Things (IoT) dengan Platform Blynk untuk Guru SMKN 1 Lintau Buo”, Lintau Buo pada Sabtu (22/07).  Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Informatika ITP yang diketuai Ganda Yoga Swara, S.Kom., M.Kom terdiri dari dosen Prodi Teknik Informatika dan dua orang mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2020, dengan peserta tenaga pendidik jurusan Teknik Informatika, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Mesin, dan Teknik Audio Video (TAV).

Ketua Prodi Teknik Informatika ITP, Eva Yulianti, M.Cs dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pengabdian Masyarakat semester genap Tahun Akademik 2022 Prodi Teknik Informatika merupakan implementasi keahlian dan keilmuan yang dimiliki tenaga pendidik Prodi Teknik Informatika kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk implementasi kerja sama dengan SMKN 1 Lintau Buo yang telah terjalin sejak 2021. “Saya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari pihak SMKN 1 Lintau Buo menerima kami dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Sebagai mitra yang telah memiliki hubungan yang baik, Prodi Teknik Informatika ITP memiliki tanggung jawab dalam memberikan informasi terkait perkembangan Ilmu Pengetahuan, terutama dalam bidang Teknologi Informasi kepada SMKN 1 Lintau Buo, “ ujar Ka.Prodi, Sabtu (22/07).

Sementara itu,  Kepala sekolah SMKN 1 Lintau Buo, bapak Anventinius, M.Pd. menyambut baik adanya kegiatan Pengabdian Masyarakat dari Prodi Teknik Informatika ITP. Ia juga mengatakan bahwa SMKN 1 Lintau Buo sangat terbuka terhadap setiap kegiatan kolaborasi dengan ITP, khususnya Prodi Teknik Informatika.

“Kegiatan ini selaras dengan program pengembangan bagi tenaga pendidik  SMKN 1 Lintau Buo untuk  mengikuti pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi, yang biasanya dilaksanakan secara daring. Sehingga, kehadiran tenaga pendidik  Prodi Teknik Informatika ITP dalam rangka Pengabdian Masyarakat sangat membantu dan tentunya memberikan manfaat bagi guru Jurusan Teknik Informatika, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Mesin, dan TAV SMKN 1 Lintau Buo, “ ungkap Kepala sekolah SMKN 1 Lintau Buo.


Acara dilanjutkan dengan agenda utama dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini yaitu Pelatihan Internet of Things (IoT) dengan Platform Blynk untuk Guru SMKN 1 Lintau Buo. Hadir sebagai pemateri Eko Kurniawanto Putra, M.T. yang merupakan dosen Prodi Teknik Informatika ITP dengan keahlian bidang kompetensi IoT.


Materi yang pemateri sajikan beragam, mulai dari pengenalan, komponen dasar, hingga pengaplikasian IoT. Kegiatan ini memberikan pemahaman konsep kerja dan cara kerja IoT, fungsi dan manfaat IoT, serta memberikan contoh penerapan IoT dalam bidang pembelajaran praktik. Menurut Eko peserta sangat antusias dan memberikan respon positif terhadap materi yang disampaikan, peserta juga berharap ada pelatihan lanjutan terkait materi IoT ini.


“Harapannya dengan adanya pelatihan IoT ini dapat dimanfaatkan dan diimplementasikan oleh SMKN 1 Lintau Buo, khususnya untuk jurusan Teknik Informatika, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Mesin, dan TAV ,” tutur ia.



Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama, penyerahan cindera mata dan penyerahan tiga paket kit perangkat IoT untuk dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di SMKN 1 Lintau Buo oleh Prodi Teknik Informatika ITP.

Created by Widia/Humas